Kamis, 13 Juni 2024 05:55 WIB

100 Peserta Pelaku & Penggiat Produk Makanan Ringan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM

Sabtu, 17 September 2022 20:15:20

Oleh: Redaksi | 192 view


Pewarta : Iwan Singadinata
Editor     : Ayi Ahmad Hidayat

Tribuana News. Singaparna - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya 
 dan Indomart lakukan kerjasama  pelatihan bagi para peserta pelaku UMKM untuk produk makanan ringan, bertempat diruang off-room Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (17/09/2022).

Bupati yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya DR. Muhamad Zen, mengatakan bahwa  Pemerintah Daerah memiliki Perda Nomor 6 tahun 2014, dimana disana harus ada pola kemitraan antara pasar-pasar modern itu harus mengakomodir, minimal 30% terisi dari produk UMKM ini. Dalam pasal 14 menyebutkan, bahwa produk di pasar modern harus diisi produk UMKM dengan catatan memenuhi standar kelayakan termasuk sisi perijinan dan dilakukan pola saling menguntungkan.

Kabid UMKM H. Enjang diruang kerjanya juga memberikan penjelasan mengenai pelatihan ini yang merupakan pertama kali dilakukan Pihak Indomart dengan Dinas, menurutnya hal ini kemungkinan suatu kepercayaan tersendiri dan implementasi dari Perda Nomor 6 tahun 2014 tentang Penataan Pasar Tradisional termasuk Pasar Modern, dimana kegiatan ini merupakan program kemitraan dalam artian kolaborasi Indomart dengan para pelaku UMKM, dengan harapan adanya produk UMKM yang bisa diterima dipasar Indomart.

"Kami bersyukur acara sudah dilaksanakan dari jam 7.00 sampai selesai pada jam 14.00 WIB, dan dalam acara ini juga hadir pimpinan dari Indomart Cabang Bandung, Dedi dan Untung perwakilan dari Jakarta dari PT. Indo Marco Prismatama," ungkapnya.

Sementara itu Yana Suryana sebagai  Pengelola UMKM Indomart mengatakan bahwa pihaknya merasa senang bisa bekerja sama dengan Dinas yang dalam hal ini bidang UMKM.

"Kerja sama dengan Dinas bagi pihaknya dikatakan untuk pertama kali dan hari ini baru melaksanakan pelatihan untuk peserta pelaku dan penggiat UMKM.
Program ini adalah berkat kegigihan lobi-lobi  H. Enjang (Kabid UMKM)," ujarnya.

Komentar Anda

BACA JUGA