Minggu, 21 Juli 2024 17:55 WIB

Aksi Bunyikan Kentongan Secara Serentak Sebagai Simbol Gerakan Perubahan

Senin, 16 Oktober 2023 18:33:30

Oleh: Redaksi | 154 view

Tribuana News. Cigalontang - Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) yang merupakan organisasi pendukung Anies melakukan kegiatan membunyikan kentongan perubahan secara serentak di Kp. Sindangsono Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Jum'at (13/10/2023).

Nampaknya hal tersebut disambut baik warga masyarakat karena membunyikan kentongan  memiliki fungsi sebagai alat untuk menjaga keamanan lingkungan dan kekompakan warga.

Para Ketua RT di Kp. Sindangsono mengaku senang dengan dibudayakan kembali kentongan bambu, terlebih saat ini menjadi simbol perubahan di desa.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Solihin Nurodin selaku Wakasekjen SKI bahwa dahulu di Kp. Sindangsono Kentongan bambu memiliki fungsi ganda.

"Di Poskamling tidak lengkap jika tidak ada kentongan karena kentongan berfungsi untuk menjaga kampung. Jika ada peristiwa yang mengganggu stabilitas keamanan maka kentongan ini dibunyikan sesuai peristiwa yang terjadi saat itu, misalnya terjadi kebakaran, kehilangan, atau kejadian lainnya, dan hal tersebut telah difahami warga. Bahkan setiap malam Kamis bunyi kentongan dipukul dengan menghasilkan nada khusus terkait akan dilaksanakannya
Musyawarah Reboan.
Musyawarah Reboan ini diantaranya membahas persoalan kampung dan berbagi cerita dengan warga lainnya," ujarnya.

Solihin menambahkan Musyawarah Reboan menampilkan kearifan lokal dengan nuansa guyub yang menjadi ciri khas masyarakat nusantara.
Selain itu kegiatan ini dalam prosesnya memurnikan nilai demokrasi yang selama ini terdistorsi, sehingga masyarakat pada umumnya memandang demokrasi hanya sebatas berbicara politik saja.

“Proses ini sebenarnya memaknai kembali demokrasi sebagai proses substansial, alih-alih sebagai proses elektoral apalagi transaksional. Tetapi di saat bersamaan metode ini bisa direplikasi dan dikerjakan oleh siapapun,” tegasnya.

Pegiat SKI dan pendukung AMIN lainnya juga turut hadir dan bersama warga melakukan konsolidasi pemenangan, serta membahas penguatan jaringan saksi setiap TPS.

Komentar Anda

BACA JUGA