Minggu, 25 Februari 2024 10:20 WIB

"Akur Makmur Ngawangun Lembur" Tema Milangkala Desa Sodonghilir Ke-149

Jumat, 24 Februari 2023 16:47:33

Oleh: Redaksi | 416 view

Tribuana News. Sodonghilir. Dalam rangka Milangkala Desa Sodonghilir yang ke-149 yang di gelar di Alun-alun Sodonghilir, ditampilkan berbagai kesenian dan pameran Produk UMKM yang ada wilayah Desa Sodonghilir Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (23/02/2023).

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan dihadiri oleh Tokoh Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi yang biasa di sapa Kang Dedi .

Ketua Pelaksana Kegiatan Aris Rifqi Mubarak saat diwawancara Tribuana News mengatakan  kegiatan Milangkala Desa Sodonghilir ke-149 adalah kegiatan rutin tahunan dan akan terus bergulir di bulan yang sama dan di tanggal yang sama.

"Kegiatan ini dimulai dari tanggal 23 hingga tanggal 26 Februari, antara lain menampilkan kebudayaan yang ada yang di wilayah Desa Sodonghilir dari berbagai Dusun dan dilanjutkan dengan penampilan dari Santri, Pelajar, serta dari  Ibu-ibu.


Alhamdulillah merasa  senang dan bangga ketika acara dibuka oleh Bapak Bupati Tasikmalaya, dan dihadiri Kang Dedi Mulyadi seorang Tokoh Budaya yang juga Anggota DPR RI, seperti tahun kemarin dalam acara ini kedatangan tamu-tamu yang luar biasa spesial sekali," tuturnya.

Aris berharap kedepannya Desa Sodonghilir sudah mendapat SK Desa Wisata dan kegiatan ini bisa masuk ke dalam Kalender Pariwisata di Jawa Barat. Di momen Milangkala yang ke 149 ini Desa Sodonghilir bisa lebih maju dan generasi mudanya juga bisa lebih kreatif,  banyak tercipta lapangan pekerjaan karena ini adalah persolan yang paling urgent di wilayah Desa Sodonghilir, ketika para pemuda meninggalkan Desanya untuk mencari nafkah di kota.

"Mudah-mudahan generasi muda sekarang itu aktif di Desa dan bisa menghasilkan. Lamun ceuk Kang Emil mah:  Tinggal di Desa Rezeki Kota," tegasnya.

Sementara itu
Uu Saeful Uyun, Camat Sodonghilir menyampaikan bahwa Milangkala Desa Sodonghilir yang ke-149 ini sebagai bentuk tindak lanjut dari Bupati Tasikmalaya, karena Desa Sodonghilir merupakan Desa Wisata dengan berbagai potensi di ldalamnya yang perlu didorong oleh Pemerintah supaya kesejahteraan masyarakat meningkat melalui pariwisata.

"Memang perlu ada pemilahan berbagai potensi yang ada di masing-masing desa apa yang menjadi potensi harus benar-benar di intervensi oleh program Pemerintah. Secara umum banyak potensi yang bisa digali terutama wisata alam, kalau misalkan wisata-wisata alam dikembangkan UMKM juga bisa berjalan," ujarnya.

Uu menambahkan bahwa Desa yang sangat berpotensi untuk pengembangan wisata di Kecamatan Sodonghilir yaitu Desa Sodonghilir, Desa Cukangkawung, Desa Jayaguna dan Desa Sukabakti.

"Harapan Pemerintah didorongnya beberapa Desa menjadi Desa Wisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan pelaku UMKM. Bagaimana kita berpikir positif kedepan secara jangka panjang dan membuat konsep berbagai potensi di masing-masing Desa," pungkasnya. (Aris)

Komentar Anda

BACA JUGA