Selasa, 07 Februari 2023 07:47 WIB

Anggota DPR RI Hj Nurhayati Bersama Ditjen Farmalkes Kemenkes RI Sosialisasikan GeMa Cermat

Kamis, 01 Desember 2022 19:51:11

Oleh: Redaksi | 94 view


Tribuana News. Kota Tasikmalaya-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX
dari Fraksi PPP, Hj Nurhayati Effendi bersama Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa Cermat), Kamis (1/12/2022) bertempat di Aula Kelurahan Cibeuti Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Jawa Barat. 

Menurutnya, bagi masyarakat cerdas dalam menggunakan obat sangat penting, terutama bagi masyarakat yang mungkin tidak mengetahui jenis obat, kontra indikasi atau efek sampingnya. 

"Sehingga kita harus mensosialisasikannya kepada masyarakat bahwa obat itu senyawa kimia yang berbahaya, karena terbuat dari bahan-bahan  berbahaya, kalau kita tidak tau cara pakainya, cara simpannya dan tidak sesuai indikasinya," jelasnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, seperti salah satunya sakit panas belum tentu sama penyakitnya, mungkin bisa karena bakteri atau karena virus, tentu obatnya akan berbeda yang dikarenakan bakteri dan virus. 

"Maka kami ingin meminta kepada masyarakat jangan mengobati diri sendiri tanpa tau penyakitnya, seperti karena virus mungkin tidak bisa diobati dengan antibiotik tetapi yang dikarenakan bakteri itu bisa disembuhkan dengan antibiotik," ucapnya. 

Dikatakan Nurhayati, disini pihaknya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membeli obat yang baik dan benar, membeli obat harus di toko-toko berlisensi walaupun itu obat bebas dan obat bebas terbatas baik itu di Rumah Sakit, Klinik atau Apotek dan itu harus dengan resep dokter apalagi obat keras atau apalagi yang mengandung Psikotropika 

Ia berharap dengan sosialisasi ini masyarakat cerdas dalam membeli obat, menyimpan obat dan menggunakan obat. 

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Sekmat Kecamatan Kawalu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA