Kamis, 13 Juni 2024 05:40 WIB

Anggota DPR RI Fraksi PPP Hj. Nurhayati Gandeng BPOM Gelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunitas Informasi dan Edukasi Obat dan Makanan

Rabu, 15 Februari 2023 07:05:27

Oleh: Redaksi | 265 view


Tribuana News. Cikatomas - Hj. Nurhayati, Anggota DPR RI dari Komisi IX membuka acara sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Pemberdaya Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan, bersama Tokoh Masyarakat, dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan di seluruh Indonesia, hal ini sesuai dengan Pilar Ketiga Sasaran Prioritas Nasional Badan POM. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di GOR PKBM Ibnu Hambal Cikatomas, Selasa (14/02/2023).

Nampak hadir mendampingi Hj. Nurhayati yaitu Kepala Balai Besar POM di Bandung, Apt. Sukriadi Darma, S.Si., S.H., Forkopimcam Cikatomas yang terdiri dari Camat, Kapolsek, dan DanRamil Cikatomas, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ketua GMPI Provinsi Jawa Barat, serta 300 orang undangan lainnya.

Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui KIE ini untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui tugas dan fungsi BPOM, salah satunya mengawasi obat, kosmetik, makanan, obat tradisional, dan suplemen kesehatan.

Kepala Balai Besar POM di Bandung, Apt. Sukriadi Darma, S.Si., S.H. mengatakan pada paparannya pihaknya memberikan edukasi agar masyarakat dapat memilah obat-obatan maupun makanan yang aman untuk dikonsumsi.

“Kita memberikan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilih makanan yang baik, menjadi konsumen yang cerdas, penggunaan BPOM Mobile dalam era digitalisasi, untuk memudahkan masyarakat agar paham dan mampu memilih obat dan makanan secara aman,” katanya.

Selain itu, kata dia, diharapkan edukasi dan informasi yang masyarakat peroleh dari kegiatan KIE dapat disebarluaskan informasi dan pengetahuannya tentang obat dan makanan kepada lingkungannya, sehingga kesehatan masyarakat dapat dijaga.

Sukriadi Darma menambahkan, menurutnya tugas BPOM sangat penting dalam mengawal seluruh produk obat, makanan dan kosmetik yang dikonsumsi oleh masyarakat sehingga produk yang dikonsumsi adalah produk yang aman yang beredar di masyarakat.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk dapat menjadi konsumen cerdas yang dapat membiasakan untuk melaksanakan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa) ketika akan mengkonsumsi Obat dan Makanan,” pungkasnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Nurhayati menanggapi pentingnya sosialisasi tersebut agar masyarakat mengetahui kualitas obat-obatan atau makanan yang akan dikonsumsi. Dikatakan, kesehatan masyarakat bergantung pada apa yang masuk ke dalam tubuh.

“Kesehatan itu penting dan harus kita jaga, makanan dan obat yang kita konsumsi harus bener-benar terjamin kualitas dan mutunya,” terangnya.

Nurhayati berharap melalui acara KIE ini, masyarakat dapat ikut berperan serta dalam pengawasan terhadap obat dan makanan di pasaran.

Seluruh peserta mengikuti acara dengan antusias, beberapa peserta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yg dilontarkan oleh narasumber di tengah pemaparan materi.

Di akhir sesi, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan para narasumber. (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA