Rabu, 21 Februari 2024 18:52 WIB

BBC Tasikmalaya Gelar Aksi Donor Darah, Antusiasme Melebihi Ekspektasi

Sabtu, 30 Desember 2023 13:01:04

Oleh: Redaksi | 824 view

Tribuana News. Singaparna - Di penghujung tahun 2023 Dewan Pimpinan Daerah BBC Kabupaten Tasikmalaya kembali menggelar aksi Donor Darah dan Cek Gula Darah yang  dilaksanakan di Alun-alun Singaparna, Sabtu (30/12/2023). Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 50 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dll.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.
Demikian yang disampaikan Kepala Puskesmas Tinewati saat memantau pelaksanaan Donor Darah dan Cek Gula Darah di Alun-alun Singaparna.

Sementara itu Sekjen DPD BBC Kabupaten Tasikmalaya Asep Suryana, S.Pd saat dimintai keterangan oleh Tribuana News mengatakan bahwa aksi Donor Darah ini merupakan agenda rutin DPD BBC Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita punya agenda 3 bulan sekali, dan agenda kali ini ada tambahan yaitu cek gula darah gratis. Alhamdulillah kegiatan untuk saat ini mendapat dukungan penuh dari Ibu Bupati yaitu Hj. Ai Diantani Sugianto, bahkan dikesempatan ini beliau memberikan santunan kepada para Anak Yatim, dan bantuan sembako kepada para pendonor darah," ujarnya.

Apresiasi yang tinggi disampaikan Ibu Bupati

Hj. Ai Diantani Sugianto atas kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PDP BBC Kabupaten Tasikmalaya saat memberikan sambutannya.

"Kegiatan donor darah yang diselenggarakan DPD BBC Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan agenda rutin setiap 3 bulan sekali, untuk kedepannya mudah-mudahan saya bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang. Saya suport semoga BBC terus maju, terus membantu warga masyarakat dan bisa menjadi contoh untuk organisasi yang lain," harapannya.- (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA