Sabtu, 13 Juli 2024 22:19 WIB

Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar Tahap I

Minggu, 16 Juni 2024 19:43:25

Oleh: Redaksi | 189 view

Tribuana News Banjar

Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar Tahap I, bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar. Kamis (13/06/2024).

Bimtek ini diikuti oleh Dewan Smart City Kota Banjar yang terdiri dari Asisten Daerah, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kota Banjar, Direktur PDAM Tirta Anom, Kepala BPS, Direktur PLN, Pimpinan Cabang BJB, perwakilan Akademisi, Pelaku Usaha (Manajer PT. Cloud Server Utama), perwakilan Komunitas Desa, serta Pejabat Struktural dan Fungsional yang tergabung dalam Tim Pelaksana Smart City Kota Banjar.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Banjar dalam laporannya menuturkan, bahwa Kegiatan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar Tahap I dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 13-14 Juni 2024. “Kegiatan ini merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan untuk membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing2 daerah,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, A.P., S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa dalam era teknologi informasi modern saat ini, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang cerdas adalah kunci untuk membuka potensi luar biasa dari Kota Banjar guna mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi setiap warga, serta meningkatkan efisiensi layanan publik yang di capai melalui kerja sama yang erat antara elemen pemerintah, swasta, lembaga pendidikan dan masyarakat. “Seperti yang diketahui sebelumnya, Pemerintah Kota Banjar menjadi salah satu dari 10 Kabupaten/Kota terpilih untuk mendapatkan pendampingan penyusunan Masterplan Kota Cerdas dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2024 dan sudah mengadakan kerja sama dengan Ditjen Aptika tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas (smart city) Tahun 2024,” ujar Sekretaris Daerah.

Sekretaris Daerah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim pembimbing, tim tenaga ahli, dan perwakilan dari Kemenkominfo yang telah datang ke Kota Banjar untuk membimbing penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar. “Semoga dapat memberikan masukan berharga agar dalam penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar lebih maksimal lagi,” pungkasnya.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA