Sabtu, 13 Juli 2024 22:40 WIB

Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.Ip., Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Simulasi Bencana

Jumat, 14 Juni 2024 20:24:52

Oleh: Redaksi | 46 view

Tribuana News Tasikmalaya

Senin (6/5/2024), bertempat di Halaman Gedung Sekretariat Kabupaten Tasikmalaya, Bupati H.Ade Sugianto, S.Ip., memimpin langsung Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Simulasi Bencana.

Apel yang digelar dalam Rangka Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2024 tersebut diikuti oleh Pasukan Brigif Raider 13 Galuh, Kodik 0612/Tasikmalaya, Lanud Wiriadinata, Brimob, Polres Tasikmalaya, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, Tagana, dan Linmas Kabupaten Tasikmalaya. Ikut hadir dalam apel Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Wiriadinata Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat.

Dalam sambutannya, Bupati Tasikmalaya menyampaikan, melalui latihan-latihan seperti ini masyarakat dapat lebih wspada, siap, siaga, dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, serta masyarakat dapat terbiasa melakukan upaya mitigasi dan mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman sehingga pada akhirnya ajan meminimalisir terjadinya korban.

Pada kesempatan itu Bupati Ade juga mengajak untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama tingkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang prosedur kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, dengan saling memberikan informasi dan edukasi kepada keluarga, tetangga, serta masyarakat sekitar.

“Bentuklah kelompok-kelompok kesiapsiagaan di lingkungan masing-masing, sehingga kita dapat saling membantu dan bekerjasama Ketika dibutuhkan,” pungkasnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan apel, dilanjutkan pemukulan pentungan secara bersama sama sebagai tanda kearifan lokal dan dimulainya latihan simulasi penanganan bencana gempa, kebakaran, dan peninjauan kesiapan perlengkapan Penanganan bencana oleh Bupati Tasikmalaya didampingi oleh Wakil bupati dan Danlanud Wiriadinata serta Forkopimda. (TIM)

Komentar Anda

BACA JUGA