Selasa, 23 April 2024 22:09 WIB

Camat Singaparna Membuka Musrenbang Desa Dalam Rangka Penetapan RKPDes Singaparna Tahun 2024

Sabtu, 04 Februari 2023 17:43:58

Oleh: Redaksi | 641 view

Tribuana News. Singaparna - Pemerintah Desa Singaparna, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Singaparna, Sabtu (04/02/2023)

Musrenbang ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Singaparna Yana Suryana, S.IP., M.Si, Babinkamtibmas,
Anggota BPD, Ketua MUI, Para Ketua RW, Kepala Kedusunan, Ketua TP.PKK Desa, Bidan Desa, KWT, Puskesos, tokoh masyarakat, dan tentunya Kepala Desa Singaparna H. Utep Y Sudrajat, Sekretaris Desa Singaparna Iim Imron Ansori, beserta Perangkat Desa.

Musrenbang Desa merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam  jangka waktu satu tahun atau satu periode.

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi acara Musrenbang Desa, Camat Singaparna Yana Suryana, S.IP., M.Si  mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang jangan hanya dijadikan sebatas seremonial, melainkan memiliki makna penting dan strategis dalam menyampaikan usulan usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat.

“Mungkin tidak semua usulan bisa direalisasikan, karena ada usulan yang sifatnya prioritas, namun kita semua berharap realisasi atas usulan ini nantinya bisa terwujud,” ujarnya

Lebih lanjut Yana menambahkan Musrenbang Desa ini melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, Pemerintah Desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, dan sumber dana lainnya.

Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2024 yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat Kecamatan untuk tahun 2024. (Ayi Ahmad Hidayat)

Komentar Anda

BACA JUGA