Minggu, 23 Juni 2024 01:18 WIB

Catatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2024

Sabtu, 08 Juni 2024 05:38:30

Oleh: Redaksi | 42 view

Tribuana News Tasikmalaya

Suatu ajang talenta di bidang Olahraga yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar (O2SN-SD) Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2024 telah usai dilaksanakan.

Kegiatan yang dipusatkan di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah ini, telah diikuti sedikitnya oleh 1.501 orang peserta/atlet dengan berbagai tingkatan, mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 5, yang merupakan perwakilan masing-masing SD yang ada di 39 Kecamatan sek-Kabupaten Tasikmalaya.

O2SN-SD diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya pada hari Senin tanggal 27 Mei 2024. Acara dibuka langsung oleh Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.Ip.

Bupati Ade Sugianto dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar senantiasa menjaga sportivitas dan terulah berprestasi.

“Jaga sportivitas dan teruslah berprestasi karena kalian adalah Calon Pemimpin di Masa Depan. Raihlah prestasi dengan tetap mengedepankan silahturahmi selamat bertanding capai prestasi dengan sportifitas,” ujar Ade Sugianto.

Pada acara pembukaan tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada 350 orang siswa yatim berprestasi yang diberikan secara simbolis kepada 20 orang, kemudian dilanjutkan Devile tiap-tiap kontingen Kecamatan dengan jumlah 39 kontingen.

O2SN-SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2024 kali ini mengambil tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi”. Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan dan dilombakan adalah sebanyak 8 (delapan) cabang olah raga, antara lain: Atletik, Senam, Renang, Karate, Silat, Bulutangkis, Sepakbola, dan Bola Voly.

Turut hadir dalam olimpiade tersebut Kepala Disdikbud Kabupten Tasikmalaya Dadan Wardana, S.Ip., M.Si. selaku penanggungjawab pelaksanaan O2SN-SD Tahun 2024, Sekretaris Disparpora Kabupaten Tasikmalaya Dodi Ijal., Kapolsek Cipatujah IPTU Yadin Aryadin, S.H., Ketua IGORNAS Kabupaten Tasikmalaya Unang Arifin, S.Pd., M.Si., Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya H. Eddy Abdul Somadi., Ketua PGRI Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Johana, S.Pd, M.Pd., Para Camat Se-Kabupaten Tasikmalaya, Para Kepala Desa di Kecamatan Cipatujah, Para Kepala Kantor, Lembaga dan Instansi di Kecamatan Cipatujah, Para Kepala Sekolah Dasar Se-Kabupaten Tasikmalaya, Para Guru Olah Raga di Kabupaten Tasikmalaya, Seluruh Peserta dan Ketua Kontingen dari tiap-tiap Kecamatan.

Pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2024 yang merupakan hari terakhir serangkaian kegiatan O2SN-SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2024 resmi ditutup. Seperti halnya dalam pembukaan, acara ditutup oleh Bupati Ade Sugianto. Dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan serta pemberian piagam dan piala kejuaraan kepada masing-masing atlet yang meraih prestasi terbaik dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sebagaimana dikutip dari laporan kegiatan yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya (Disdikbud) kepada Bupati Tasikmalaya, Kepala Disdikbud Dadan Wardana, S.Ip., M.Si., selaku penanggungjawab yang dalam kegiatannya bekerjasama dengan IGORNAS Kabupaten Tasikmalaya, serta dibantu oleh Panitia Lokal IGORNAS Kecamatan Cipatujah, merasa bangga atas suksesnya kegiatan O2SN tahun 2024.

Lebih lanjut Dadan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.Ip., Ketua PGRI Kabupaten Tasikmalaya beserta seluruh ketua PC PGRI se-Kabupaten Tasikmalaya, Koordinator Pengawas beserta seluruh Pengawas Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Muspika Kecamatan Cipatujah beserta jajarannya, Ketua K3S Kabupaten Tasikmalaya beserta seluruh Ketua K3S Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya, Ketua IGORNAS Kabupaten Tasikmalaya beserta seluruh jajaran pengurus dan anggota Igornas Kabupaten Tasikmalaya, Kepala Desa Sindangkerta beserta jajarannya, serta kepada seluruh pihak yang telah turut serta membantu kegiatan O2SN kali ini, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dari mulai acara pembukaan hingga penutupan, betul-betul dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Kecamatan Salopa Raih 5 Medali dari Dua Cabor

Dari delapan cabang olah raga yang dipertandingkan dan dilombakan, Kecamatan Salopa merupakan salah satu peserta yang mampu merebut lima buah medali kejuaran, diantaranya 1 Medali Perak dari cabang olahraga Atletik Putra. Sedangkan untuk cabang olah raga Senam Lantai, kontingen dari kecamatan Salopa mampu merebut 4 medali sekaligus yakni 2 Medali Emas dan 2 Medali.

Pada kempatan itu Ketua IGORNAS Kecamatan Salopa Suhendar, S.Pd., memberikan selamat serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Atlet dari Kecamatan Salopa, Pelatih/Official IGORNAS Kec. Salopa, Pengawas Olahraga Kec. Salopa, Forum K3S, PGRI Kec. Salopa, Camat Kec. Salopa, dan seluruh pihak yang telah memberikan dorongan dan ikut berpartisipasi sehinga Kontingen dari Kecamatan Salopa mampu mempersembahkan prestasi terbaiknya pada ajang O2SN kali ini. (d.y.w.)

Komentar Anda

BACA JUGA