Selasa, 23 April 2024 01:10 WIB

Cemilan Dari Ubi Ungu Oleh-Oleh Khas Desa Jalatrang Kabupaten Ciamis

Jumat, 08 Maret 2024 07:50:50

Oleh: Redaksi | 58 view

Tribuana News. Ciamis -- Cemilan yang terbuat dari ubi ungu (Boled Ungu) menjadi oleh-oleh khas Kampung Biru Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Kepala Desa Jalatrang Dadi Haryadi, mengungkapkan, aneka cemilan dari ubi ungu ini mulai diproduksi tahun 2022 dan saat ini menjadi oleh-oleh khas Kampung Biru Desa Jalatrang.

Lebih lanjut Dadi menjelaskan, cemilan ungu ini terdiri dari dua pilihan, basah dan kering. Untuk jenis basah ada brownis, onde, getuk, puding, kue putu dan bugis. Sedangkan untuk yang kering ada keripik ubi ungu, rangining, sistik, kremes, dan akar kalapa.

"Awalnya oleh-oleh ini untuk mendukung Wisata Kampung Bungur sebagai Kawasan Ketahanan Pangan beberapa tahun lalu. Di lokasi itu ditanam ubi ungu yang menjadi ciri khasnya. Namun ketika itu para petani enggan menanam ubi ungu karena tidak laku dijual," jelasnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, kami mencoba menanam dan mengolahnya menjadi cemilan seperti keripik untuk oleh-oleh. 

"Setelah diolah menjadi cemilan, saat ini harga ubi ungu harganya mengalami kenaikan dan masyarakat sangat antusias menanam kembali ubi ungu," tambahnya. 

Dikatakan Dadi Haryadi, dengan adanya olahan dari hasil produksi pertanian ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan produksi pertanian. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA