Selasa, 07 Februari 2023 08:52 WIB

Desa Rejasari Wakili Kota Banjar P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat

Kamis, 08 Desember 2022 09:18:09

Oleh: Redaksi | 42 view

Tribuana News. Banjar -- Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih menerima Tim Verifikasi Akhir Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 yang bertempat di Aula Desa Rejasari, Kecamatan Langensari Kota Banjar Jawa Barat, Senin (05/12/2022).

Desa Rejasari Kecamatan Langensari menjadi perwakilan Penilaian P2WKSS tahun 2022 dari Kota Banjar. 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan yang berasal dari Dana CSR Seri A Bank BJB Cabang Banjar senilai 
Rp.135.657.000
yang diterima secara langsung oleh bendahara Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Banjar, Hj. Lalak Siti Malak.

Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat yang diketuai oleh lbu Ari Antari Ratna Dewi, S. Ip, M. M., akan melakukan verifikasi lapangan ke beberapa Lokus yang telah disiapkan.

Menurut Wali Kota, program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera ini adalah untuk mewujudkan dan mengembangkan Keluarga Sehat Sejahtera termasuk pelindungan perempuan dan anak dengan meningkatkan kedudukan, peran,
kemampuan, kemandirian serta ketahanan mental dan spiritual perempuan melalui kegiatan lintas
bidang pembangunan dalam rangka pembangunan
masyarakat pedesaan/perkotaan.

"Melalui program-program dari setiap OPD guna membangun sumber daya manusia serta
meningkatkan keterampilan khususnya perempuan yang dilaksanakan melalui pelatihan-pelatihan
sebagai salah satu upaya pembangunan kesehatan serta pembangunan fisik lingkungan sehat, sehingga tercipta perempuan yang sehat terdidik dan perempuan yang berdaya saing di bidang ekonomi yang tentunya akan menghasilkan anak dan keluarga yang berkualitas," jelasnya.

Ia menambahkan, tekanan ekonomi global yang semakin kuat tentunya berdampak terhadap perekonomian dan kehidupan sosial di Kota Banjar, namun ia meyakini, dengan terjun langsung seluruh Kader PKK ke masyarakat untu mendampingi
masyarakat sehingga akan tercipta ketahanan dan keamanan pangan agar anak-anak di Kota Banjar mengkonsumsi makanan yang sehat.

Sementara itu Kepala Desa Rejasari Subur Waluyo mengatakan, kegiatan ini dari berbagai faktor, terutama 100 KK binaan dan program-program P2WKSS yang telah disalurkan di Desa Rejasari, artinya sejauh mana program-program tersebut bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kegiatan ini sudah berjalan selama 10 bulan, diawali dari bulan Maret dan berakhir di bulan Desember ini," ucapnya. 

Ia menambahkan, kita setiap hari atau setiap minggu ada gerakan ke lokasi dengan pembinaan dari setiap OPD. 

Ia berharap dengan kegiatan ini bisa merubah pola hidup masyarakat yang tadinya tradisional, salah satunya yang tadinya banyak MCK diatas kolam dan sekarang Insya Allah tidak ada dan merubah pola hidup tentang sampah dan sebagainya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Banjar, para Kepala Perangkat Daerah,
Perwakilan BJB, Perwakilan Akademisi, Kepala Desa
Rejasari serta tamu undangan lainnya. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA