Sabtu, 20 April 2024 19:05 WIB

Dinkes Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Pembangunan Penambahan Ruangan UPTD Puskesmas Sambongpari

Rabu, 04 Agustus 2021 08:27:28

Oleh: Redaksi | 148 view

Tribuananews - Kota Tasikmalaya

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan sosialisasi pembangunan penambahan ruangan baru UPTD Puskesmas Sambongpari, Selasa (3/8/2021) bertempat di aula UPTD Puskesmas Sambongpari Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Pembangunan penambahan ruangan ini bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan.

Kepala UPTD Puskesmas Sambongpari Hj Ika Susilawati mengatakan, kegiatan sosialisasi ini selain terkait pelaksanaan pembangunan, juga untuk mempererat tali silaturahmi kami pihak UPTD Puskesmas dengan masyarakat sekitar.

"Kami mohon maaf tidak bisa menemui warga satu persatu karena pertama waktu yang tidak mencukupi dan kedua karena situasi saat ini sedang penerapan PPKM akibat pandemi Covid-19, tapi Alhamdulillah saat ini di Kota Tasik sudah turun ke level 3, jadi kita bisa melaksanakan kegiatan sosialisasi ini tapi tetap tamu terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan", jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada para tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan dan mengajak warga untuk mau divaksin dan melakukan edukasi terkait protokol kesehatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Sambongpari masyarakat mengusulkan melalui MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) dan dibawa ke SMD (Survei Mawas Diri) yang ada di Puskesmas dilanjutkan ke Musrenbang.

"Berdasarkan penilaian dan keinginan masyarakat kami usulkan ke Musrenbang dan Alhamdulillah pada tahun ini pembangunan tersebut bisa dilaksanakan", ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang diwakili Bagian Umum Hj Iis Suhartini menyampaikan Puskesmas harus sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan salah satunya yaitu pemenuhan Laboratorium, TB Paru dan beberapa item yang harus dipenuhi oleh Puskesmas.

Dikatakan Iis, pembangunan penambahan ruangan ini anggarannya dari DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2021 anggarannya sebesar Rp.890.300.000,00 (delapan ratus sembilan puluh juta tiga ratus ribu).

Ia menyampaikan amanat Kepala Dinas Kesehatan, bahwa pembangunan ini bukan milik Dinas Kesehatan tetapi ini milik masyarakat, kita harus saling mengawasi dan dukungan agar berjalan lancar.

"Kita perlu saling mengingatkan dan saling mengawasi supaya pembangunan ini sesuai dengan harapan kita semua", ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan ruangan Laboratorium, TB Paru dan fasilitas lainnya bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Diakhir sambutannya ia meminta pelaksana, dalam proyek pembangunan ini untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

Kegitan sosialisasi turut hadir Camat Mangkubumi H Dahlan Iskandar, Kapolsek Mangkubumi Iptu Suhartono, perwakilan Koramil Kawalu dan Tokoh masyarakat. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA