Sabtu, 13 Juli 2024 22:47 WIB

Diskusikan Rencana Tata Ruang Wilayah, SINERGITAS KABUPATEN TASIKMALAYA DENGAN BERBAGAI KEMENTERIAN

Minggu, 17 September 2023 13:34:58

Oleh: Redaksi | 252 view

Tribuana News. Jakarta Pusat. -  Mewakili Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tasikmalaya 2023-2043, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat (14/9/2023). 

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Cecep NY memaparkan berbagai isu strategis Kabupaten Tasikmalaya, di antaranya potensi sektor agribisnis dan pariwisata, isu strategis rencana struktur ruang, isu strategis rencana pola ruang, kawasan strategis, kebijakan strategis nasional, kawasan hutan, kawasan pertanian pangan berkelanjutan, mitigasi bencana, dan program percepatan rencana detail tata ruang. 

"Salah satu yang menjadi ikhtiar kami ialah usulan Kabupaten Tasikmalaya untuk dapat memiliki tiga exit Tol Getaci, yaitu di wilayah Mangunreja, Padakembang, dan Manonjaya," papar Wakil Bupati Cecep. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Gabriel Triwibawa menuturkan, pelaksanaan rakor ini memang menjadi ruang pimpinan daerah untuk dapat melontarkan berbagai usulan dan rencana yang selanjutnya dapat didiskusikan dengan sektor terkait. 

"Untuk usulan mengenai jumlah exit tol Getaci di Kabupaten Tasikmalaya yang dipaparkan pak Wakil Bupati, dapat kita diskusikan dengan pihak terkait, seperti Kemenhub dan Kementerian PU/PR," tutur Dirjen Gabriel. 

"Beginilah dimaksudkan kita rakor, agar dapat diskusi dan saling memberi insight satu sama lain untuk pembangunan wilayah masing-masing," imbuh Dirjen Gabriel. 

Rakor ini menjadi langkah awal bagi Pemerintah Daerah untuk dapat berdiskusi dan berkonsultasi mengenai rencana RTRW masing-masing yang bermuara pada penyusunan Raperda RTRW Kabupaten masing-masing. 

Hadir pada kegiatan ini jajaran Kementerian ATR/BPN, Kemenko Bidang Perekonomian, Bappenas, Kemendagri, Kementerian PU/PR, Kemenhub, Kementerian ESDM, Kementerian LHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementan, Kemenhan, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Bali, Pemkab Bandung, Pemkab Klungkung, DPRD Kabupaten Tasik.- (red/Dishubkominfo)

Komentar Anda

BACA JUGA