Rabu, 08 Mei 2024 21:23 WIB

Drs. H Muhammad Yusuf Menjadi Narsum Kuliah Umum di Kampus STISIP Tasikmalaya

Jumat, 17 September 2021 10:41:35

Oleh: Redaksi | 188 view

Tribuananews - Tasikmalaya

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Tasikmalaya (STISIP) menggelar kuliah umum dengan tema Birokrasi Pemerintahan dan Organisasi, Manajemen Pemerintahan Indonesia. Pada Kamis pagi, (16/09/2021) bertempat di ruang Aula STISIP Tasikmalaya.

Acara yang dikemas selama satu jam setengah tersebut juga telah menerapkan protokol kesehatan, dan dihadiri tak kurang dari seratus mahasiswa dari seluruh angkatan dengan mengundang Nara Sumber Drs. H Muhammad Yusuf (Walikota Tasikmalaya). 

Dalam kegiatan tersebut Muhammad Yusuf menceritakan tentang perjalanan karir dan pengalamannya sejak awal menjadi mahasiswa, kemudian menjadi birokrat, menjadi PNS sampai dinobatkan menjadi Wakil Walikota dan menjadi Walikota Tasikmalaya saat ini.  Cerita pengalaman pengalaman yang baik dan bisa menginspirasi mahasiswa dari sisi praktis tentang penyelenggaraan dan manajemen pemerintahan. 

" Silahkan dengan para dosen didiskusikan ayat ini teh untuk apa sih pak programnya? apa kegiatannya? apa itu struktur APBD? yang dipelajari di perkuliahan dijadikan bahan penelitian. Misalnya kenapa APBD Tasik defisit? kan bisa belajar berapakah persentase kelayakan defisitnya kan ada teorinya, " Paparnya.

Dalam kesempatan lain, Menurut Dian Andriani, S.IP., M.IP selaku Wakil
Ketua satu bidang akademik kepada TribuanaNews bahwa tujuan diselenggarakannya kuliah umum tersebut adalah dalam rangka menciptakan suasana akademik dan menjadi bagian dari kajian akademik. Juga mengkolaborasikan antara teori keilmuan dan praktek yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan tema tersebut.

" dan tentunya kedepannya diharapkan akan menjadi program yang kontinuitas yang akan diselenggarakan oleh STISIP Tasikmalaya guna menciptakan suasana akademik yang bisa memotivasi mahasiswa, bagaimana nanti bisa mengaplikasikan keilmuan yang diperoleh dari dosen dan tentunya dengan pengalaman yang dilaksanakan sehari-hari, " Ujar Dian.

Sementara menurut H. Damay Rusli, S.Sos,. M.Pd selaku Ketua tiga bidang kemahasiswaan sekaligus ketua pelaksana
Menerangkan bahwa inti dari kegiatan tersebut berpijak kepada aspek akademik dan bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran mahasiswa. Bagaimana sisi praktis dan teoritis dari tema yang di gagas tersebut yang merupakan dua mata kuliah yang saat ini sedang di tempuh oleh mahasiswa. 

" Mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan untuk semester ini prodi sudah memprogramkan dan akan menghadirkan guru besar untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa dari aspek teorinya terutama dalam mata kuliah metodologi ilmu pemerintahan yang menjadi ruhnya." Pungkas Damay. (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA