Minggu, 14 Juli 2024 01:00 WIB

Edukasi Memutus Kasus Stunting Baru.

Rabu, 19 Juni 2024 11:59:10

Oleh: Redaksi | 51 view

TribuanaNews. Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB P3A), Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tanjungjaya serta Polres Tasikmalaya menyalurkan bantuan sembako dan paket makanan bergizi sekaligus edukasi pencegahan stunting kepada masyarakat di Gedung PGRI Kecamatan Tanjungjaya, kamis (13/6/2024)

Penyaluran bantuan sembako dan paket makanan bergizi tersebut diberikan kepada masyarakat dengan sasaran remaja, calon pengantin, ibu hamil dan anak-anak usia 0-2 tahun atau rumah tangga dengan seribu hari pertama kelahiran (1.000 HPK).

"Dengan pencegahan stunting diharapkan mampu mempersiapkan generasi yang berkualitas. Selain itu, agar tidak terjadi anak-anak stunting baru di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di Kecamatan Tanjungjaya," Kata Sekretaris Dinsos PPKB P3A Kabupaten Tasikmalaya dr. Eli Hendalia

Dalam kegiatan ini, pihaknya bersama Polres Tasikmalaya, Dinas Kesehatan, Muspika Kecamatan Tanjungjaya, IDI Kabupaten Tasikmalaya dan stakeholder lainnya memberikan edukasi pencegahan stunting kepada masyarakat.

Dalam edukasi ini, disampaikan terkait pemeriksaan rutin yang harus dilakukan ibu hamil, konsumsi gizi keluarga dan upaya lain dalam pencegahan stunting.

Hingga saat ini, tercatat ada 11 ribu masuk kategori keluarga resiko dan kejadian stunting. "Jangan sampai ada penambahan kasus baru," tutur dr. Eli

Dia menyebut, faktor yang mendominasi dalam kasus stunting ini adalah kemiskinan dan kepedulian masyarakat itu sendiri terkait dengan kesehatan.

Dinas Sosial tambah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Pada Dinsos PPKB P3A Kabupaten Tasikmalaya Asep MP dalam penurunan prevalensi dan pengentasan stunting melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan peruntukan karbohidrat, protein nabati, protein hewani, vitamin dan mineral sesuai dengan Permensos.Tim

Komentar Anda

BACA JUGA