Minggu, 01 Oktober 2023 15:07 WIB

Fakultas Tarbiyah Universitas Islam KH. Ruhiyat Cipasung Gelar Seminar Aswaja

Senin, 29 Mei 2023 07:07:41

Oleh: Redaksi | 505 view


Tribuana News. Singaparna -  Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (DEMA F Tarbiyah) Universitas Islam K.H Ruhiat Cipasung ( UNIK). Menggelar acara Seminar Aswaja yang dihadiri 304 Peserta Seminar di Kampus Unik Cipasung pada Sabtu (27/5/23). 

Dihadiri oleh Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PBA UNIK) Asep Majidi Tamam, M.Ag. 
dan Ketua Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Agama Islam (BKPI UNIK) Ade Siti Mariyam M.Psi.
Ketua Ormawa dan UKM dari Mulai DEMA U, DEMA Fakultas Syariah, DEMA Fakultas Dakwah, HMJ PAI, HMJ PBA, HMJ BKPI dan HMJ PIAUDI, KOPI dan Sanggar Harsa, serta seluruh peserta Seminar ASWAJA kali ini.

Ketua Panitia Seminar Moch Surya Wasthu Kencana dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan dan menanamkan atau menguatkan nilai-nilai faham Aswaja secara keseluruhan kepada mahasiswa. Sehingga menjadi muslim yang terus berkembang dalam hal keyakinan, ketaqwaan kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Ketua DEMA F Tarbiyah Universitas Islam K.H Ruhiat Muhamad Rifan Safatullah menyampaikan ucap terimakasih kepada seluruh Civitas Akademik kampus, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI, PBA, BKPI dan PIAUD atas dukungan dan partisipasinya serta UKM Kopi Unik yang telah bekerja sama. 

"Acara seminar ini diadakan untuk memfasilitasi mahasiswa Tarbiyah dan memberikan penanaman dan juga penguatan Nilai Nilai Aswaja dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara," ucapnya. 

Presma Unik Cipasung, Alfi Ahmad Hudori juga memberikan sambutan 

"Peran Mahasiswa dalam menjaga kestabilan di era 5.0 menghadapi serangan radikalisme dan terorisme dimulai dari peranan islam yaitu masjid (menghidupi mesjid dengan kegiatan-kegiatan positif)," kata Alfi. 

Seminar ASWAJA kali ini dipantik oleh K. Ali Abdul Holik, M.Pd.I selaku Wakil Katib Syuriah PCNU Kabupaten Tasikmalaya. Beliau mengatakan 4 Relasi antara Islam, Aswaja, NU dan NKRI. 

"Islam sebagai agama sedangkan Aswaja adalah cara kamu untuk memahami aswaja," ujarnya. 

Aswaja merupakan singkatan dari Ahlulsunah Wal Jammaah yang memiliki arti mengikuti ajaran Nabi dan sohabat. 
Beliau menggolongkan  Aswaja kedalam tigas aspek, yaitu Aswaja dalam aspek akidah, dalam aspek fiqih dan dalam aspek tasawuf.

Mahasiwa sangat antusias terhadap Seminar kali ini serta aktif dalam memberikan pertanyaan kepada Pemantik, dan  mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. 

Selapas seminar Ketua Umum Dema Fakultas Tarbiyah sahabat M Rifan Safaatulloh memberikan Piagam Penghargaan kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI, PBA, BKPI, dan PIAUD sebagai bentuk Apreasiasi atas kinerja kerja nya dengan program program unggulannya yang terealisasi, harapan kedepannya akan ada kajian kajian ilmiah pada setiap Himpunan Mahasiswa jurusan yang ada di bawah naungan Dema Fakultas Tarbiyah. Serta memberikan Penghargaan kepada Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Penulis Unik Cipasung  yang telah berkontribusi mensukseskan acara kegiatan ini.
Selain piagam juga memberikan sebuah Doorprize kepada Peserta Seminar ini guna memberikan apresiasi pada Peserta yang aktif dan giat mengikuti acara hingga akhir.- (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA