Kamis, 13 Juni 2024 04:14 WIB

Fikri Ahmad Sifiq Terpilih Jadi Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Periode 2023-2025

Jumat, 10 November 2023 14:13:45

Oleh: Redaksi | 473 view

Tribuana News. Tasikmalaya - Pengurus Cabang Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) II di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu tanggal (28/10/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Organizing Commitee (OC) Muscab II SAPMA Pemuda Pancasila, Aldi Saepul Hidayat, mengatakan bahwa penyelenggaraan Muscab yang digelar ini mengangkat tema “Menggagas Inovasi Kaderisasi" yang dihadiri oleh 5 Komisariat Kecamatan.

Ketua PC SAPMA Kab. Tasikmalaya Periode (2021-2023) Diki RIkiwa ST, dalam sambutannya mengatakan selama 3 tahun terlalu sedikit yang telah dikerjakan untuk persoalan yang teramat besar.
Organisasi SAPMA Pemuda Pancasila, baru bisa melaksanakan kegiatan yang tertuju hanya pada kegiatan sosialisasi, atau masa pengenalan saja. Padahal dengan adanya nama SAPMA di keluarga besar organisasi Pemuda Pancasila bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan pemuda. 
"Kami sebagai Pengurus yang akan demisioner, baru sekarang mengadakan Muscab dan dilantik pada akhir tahun 2020. 

Seperti diketahui tak lama kemudian memasuki masa dimana pandemi covid -19 sedang terjadi dan pada masa itulah aktivitas semua hanya bisa di rumah saja,sesuai dengan anjuran pemerintah.  
Dan mengingat keterbatasan waktu serta ketersediaan anggaran ketika itu, pihaknya hanya bisa melakukan beberapa kegiatan sosial secara mandiri, itu juga bilamana ada kegiatan yang bersifat kolaborasi. 

Dengan adanya kendala-kendala tersebut, tidaklah berarti tidak ada yang kami kerjakan.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih sebesar- besarnya atas ke-swadayaan dan inisiatif Kader dari berbagai pelosok diwilayah Kabupaten Tasikmalaya yang kita cintai ini," ujarnya.

Sementara itu Ketua MPC Pemuda Pancasila, Dani Fardian SIP, hadir dan memberikan sambutannya di pembukaan Musyawarah Cabang Sapma menitikberaktkan bahwa Sapma harus ikut andil dalam membesarkan keluarga besar Pemuda Pancasila di Kabupaten Tasikmlaya, dengan cara yang lebih bagus. Terutama terhadap aspek pendidikan, oleh karena Muscab Sapma ini jangan sampai terjadi kegaduhan seperti di Muscab MPC.

"Muscab Sapma harus lebih proaktif membahas program kerja yang akan dilakukan, pembahasan siapa yang akan menjadi Ketua di Sapma harus beres dengan mengutamakan musyawarah mufakat. 

Selanjutnya Dani menyampaikan, bahwa di tahun politik ini pentingnya persatuan dalam kebhinekaan, karena Pemuda Pancasila dalam aspek politik penuh dengan warna  dan kadernyapun berada dimana-mana. 

Muscab Sapma PP Kabupaten Tasikmalaya dihadiri dan dibuka oleh sekretaris Wilayah Sapma Pemuda Pancasila Jawa Barat.

Dalam sambutannya Dr. Rangga Amirulloh, menyampaikan rasa syukur bisa hadir dan bersilaturhami kembali dengan kawan dari Pengurus Sapma Kabupaten Tasikmalaya, meskipun dalam momem Muscab sekarang.

"Pada kesempatan ini saya sampaikan permohonan maaf karena Ketua PW Sapma Jawa Barat tidak bisa hadir, dikarenakan masih dalam kondisi berkabung atas kepergian ibundanya seraya memohon do'a untuk Almarhumah.

Dr. Rangga Amirulloh menambahkan Muscab Sapma ini sangat penting untuk suatu regenerasi kepengursan selanjutnya, dan memberi pesan khusus, agar Sapma Kabupaten Tasikmalaya lebih pro aktif dalam kaderisasi yang masih dinilai minim.

"Dalam hal proses kaderisasi Sekwil menitipkan untuk sekaligus mensosialisasikan adanya program-program Sapma yang sudah running, salah satunya Beasiswa Sapma yang disebut Lentera Sapma," tegasnya.

Musyawarah Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmlaya II menggelar sidang-sidang pleno sampai dengan pemilihan dan pengukuhan Ketua Umum hingga Penutupan Muscab II SAPMA Pemuda Pancasila. Muscab ditutup oleh Sekwil PW Pemuda Pancasila Dr. Rangga Amirulloh. 

Ketua SAPMA Kabupaten Tasikmalaya Pemuda Pancasila terpilih Periode 2023-2025, Fikri Ahmad Sidiq dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagai momentum bagaimana meramu dan menyampaikan gagasan besar yang akan menjadi dasar arah dan gerak organisasi Sapma di satu periode kedepan. 

Sapma PP Kabupaten Tasikmalaya kedepan harus mampu menjadi lokomotif perbaikan indeks kepemudaan di Kabupaten Tasikmalaya, dalam menyampaikan dan melihat bahwa untuk proses kontribusi pembangunan sumber daya pemuda yang paling fundamental adalah aspek pendidikan, karena hal ini akan menjadi fokus dalam kinerja Sapma. 

Fikri berharap hal ini bisa membuat citra keluarga besar Pemuda Pancasila menjadi lebih positif. Oleh karena sekarang ini sudah memasuki timeline perpolitikan Daerah dan Nasional,
Fikri mengajak kepada semua anggota Sapma untuk saling menjadi aktor edukasi politik yang mengarah terhadap persatuan meskipun berbeda dalam pilihan politik.

"Dan perlu menitikberatkan dalam politik gagasan dalam menentukan pilihan agar mengikis perpecahan dan politik uang dalam Pemilu ini," pungkasnya.- (Iwan Singadinata)

Sumber: Pengurus SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya.

Komentar Anda

BACA JUGA