Minggu, 25 Februari 2024 08:54 WIB

Gebyar Hari Santri Nasional Di SDI Sahara, Spirit Sahara Mencetak Siswa Berakhlaqul Karimah

Senin, 23 Oktober 2023 10:53:51

Oleh: Redaksi | 764 view

Tribuana News. Singaparna - Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober memiliki arti dan makna yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa.

Dalam sejarah, peran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mereka ikut merebut Indonesia, membangun Indonesia dan mempertahankan NKRI. Sekarang ini, sejak 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015 lalu, hari itu menjadi refleksi bagi golongan santri dan bangsa untuk mengingat kembali sejarah perjuangan kaum pondok pesantren dalam berjuang melawan penjajah.

Refleksi dan ingat kembali pada sejarah adalah sesuatu yang penting. Ingatan sejarah akan memberikan bekal bagi para santri pada zaman modern sekarang ini untuk selalu berbenah, memperbaiki kualitas diri demi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Demikian pula peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan di SD Islam Sahara Singaparna Kabupaten Tasikmalaya,  pada Senin (23/10/2023). 
Berbagai kegiatan yang bernuansa Islami mengisi acara peringatan tersebut diantaranya: Lomba Adzan, Lomba Tahfidz, Lomba Pildacil, Lomba Asmaul Husna, Menulis dan Mewarnai Kaligrafi, dan Special Moment Makan Nasi Liwet Bersama.

Kepala Sekolah SDI Sahara Iwa Kurniawan, SP. saat ditemui Tribuana News disela acara menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Santri tahun ini adalah "Jihad Santri, Jayakan Negeri". Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

"Terkait dengan pendidikan salah satu diadakannya kegiatan HSN diharapkan peserta didik bisa bersikap layaknya seorang santri yang kehidupannya selalu mengedepankan ketaatan beribadah kepada Alloh dan bertingkah laku sesuai Akhlaqul Karimah," tegasnya.

Dalam pantauan Tribuana News peringatan Hari Santri Nasional di SD Islam Sahara terlihat begitu semarak. Para siswa antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, demikian pula dengan para Guru dan para orang tua siswa. Aneka lomba diikuti dengan penuh semangat oleh siswa yang mewakili kelasnya masing-masing, sementara para orang tua sibuk mempersiapkan hidangan nasi liwet untuk nantinya dimakan bersama-sama.
Hal ini mencerminkan ikatan silaturahmi antara sekolah dan para orang tua begitu kuat dan harmonis.- (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA