Rabu, 21 Februari 2024 18:53 WIB

Gerakan Mengajar Desa (GMD) Tasikmalaya Angkatan III Dorong Siswa Lanjutkan Pendidikan

Sabtu, 18 Februari 2023 09:30:08

Oleh: Redaksi | 450 view

Tribuananews - Kab. Tasik

Gerakan mengajar Desa Tasikmalaya kembali laksanakan giat pengabdian di Desa Deudeul Kecamatan Taraju tepatnya di SD Delapan Djoeang. Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari mulai Tanggal 7 sampai 12 Februari 2023 bertema "Urgensi Pendidikan Lanjutan “. 

Menurut Siti Nurjanah selaku Leader memaparkan kepada Tribuana News (15/02/2023) bahwa Gerakan Mengajar Desa memiliki tujuan utama untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan cara memberikan sedikit ilmu yang dimiliki kepada mereka anak - anak yang ada di pelosok desa yang membutuhkan. Dengan Tutor yang terjun terdiri dari pelajar dan mahasiswa Tasikmalaya yang sebelumnya telah dibekali berbagai teknik pembelajaran, pelatihan dan peningkatan kompetensi yang diperlukan dalam program terjun mengajar di lapangan.

"Tema program ini bertujuan untuk membuat anak - anak yang bersekolah di SD Delapan Djoeng memiliki sebuah cita - cita dan tujuan dalam hidupnya dengan malaksanakan pendidikan lanjutan. Dari beberapa informasi yang di dapat oleh Tutor Inspiratif GMD Tasikmalaya 4.0 bahwasanya dapat dihitung dengan jari anak-anak yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP," ungkapnya. 

Siti menambahkan, Selain ikut serta mengajar di SD Delapan Djoeng para Tutor Inspiratif juga melaksanakan kegiatan GMM (Gerakan Mengajarkan Mengaji Magrib) dimana ada tiga titik yang menjadi sasaran kegiatan tersebut yaitu kampung Ciwindu, Calincing dan Rancabeureum, selain mengajar mengaji para Tutor pun menyelipkan beberapa motivasi untuk anak-anak agar dapat melanjutkan pendidikannya dalam mewujudkan cita-citanya. 

"Selain dua program tadi Gerakan Mengajar Desa Tasikmalaya juga melaksanakan program kemasyarakatan yaitu ikut serta mengaji mingguan bersama masyarakat sehingga ada salah satu Tutor yang diamanahi untuk mengisi ceramah disalah satu pengajian yang ada disana," pungkas Siti. (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA