Selasa, 23 April 2024 01:47 WIB

Giri sang Ketua Umum APDESI Siap Maju Menjadi Balon pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024

Rabu, 20 Maret 2024 21:22:43

Oleh: Redaksi | 96 view

Tribuana News Tasikmalaya

Perhelatan akbar baru saja digelar. Hajat rakyat lima tahunan sudah selesai dilaksanakan dan Komisi Pemilihan Umum atau KPU pun sebagai pemangku acara sudah mengumumkan siapa pasangan calon yang akhirnya mampu mengumpulkan suara rakyat terbanyak, meski menyimpan persoalan yang masih harus dibereskan.

Para Calon Anggota Legislatif yang turut bertarung melalui Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu, untuk merebut simpati konstituen di wilayahnya masing-masing, telah juga ditetapkan oleh KPU baik KPUD Kabupaten, KPUD Provinsi maupun KPU RI, tentang siapa-siapa saja yang akhirnya mampu merebut suara terbanyak dan berhak untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat di berbagai tingkatan tersebut. Demikian juga mereka yang mencoba peruntungan melalui jalur utusan daerah atau Dewan Pimpinan Daerah dari masing-masing wilayah meraka berasal.

Perubahan komposisi kekuatan yang akan menduduki kursi di parlemen pada periode 2024-2029 nanti, hampir dialami oleh seluruh Parpol. Ada yang bertambah jumlah kursinya dan ada juga yang berkurang. Bahkan ada pula yang akhirnya menjadi tidak mendapatkan jatah kursi karena ada beberapa kursi yang dapat direbut oleh Parpol yang pada periode 2019-2024 tidak berhasil merebut satu kursi pun.

Kondisi seperti itu, untuk beberapa wilayah provinsi dan kabupaten/kota, menjadi acuan dalam persiapan gelaran pesta rakyat berikutnya, yaitu Pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota yang akan dilangsungkan pada November 2024 mendatang.

Kabupaten Tasikmalaya salah satu Kabupaten yang juga akan melaksanakan Pilkada Serentak, dan sejumlah nama juga telah santer disebut-sebut sebagai bakal calon (Balon) yang akan ikut meramaikan bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, yang nantinya diperkirakan dapat menjadi mitra tanding petahana yang kemungkinan besar akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Tasikmalaya.

Adalah Giri Pribadi, yang saat ini menjabat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tasikmalaya, salah satu kandidat yang memiliki peluang untuk ikut masuk dalam bursa Balon. Hal itu sebagai bentuk dari harapan sebagian masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang menghendaki akan lahirnya seorang pemimpin muda di tanah kelahiran mereka yang sangat dicintainya itu.

Bermodal jaringan yang cukup luas sebagaimana jabatannya saat ini, Giri yang dianggap sosok progresif memiliki kesempatan yang sangat besar jika didorong untuk maju sebagai salah satu kontestan Calon Bupati/Wakil Bupati Pilkada 2024 ini. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris APDESI Kabupaten Tasikmalaya Sriyosef saat ditemui wartawan di Desa Cipondok.

“Membangun Kabupaten Tasikmalaya berbasis desa serta jaringan yang kuat yang terbangun antar desa, Ketua Umum Apdesi Giri Pribadi memiliki kans untuk ikut kontestasi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya November mendatang,” ujar Sriyosef.

“Untuk memastikan seberapa besar penerimaan masyarakat kabupaten Tasikmalaya terhadap Pak Giri Pribadi, pihaknya telah melalukan jajak pendapat dalam bentuk quisener dengan berbasis sistem aplikasi terhadap calon yang akan berkontestasi pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024, dan hasilnya Ketua Umum APDESI tersebut menempati posisi yang cukup potensial ikut berkontestasi menjadi Bacalon Bupati Tasikmalaya. Insyaalloh nanti ketika sudah dilakukan deklarasi DPC APDESI Kabupaten Tasikmalaya serta merangkul partner PPDI dan PABSI serta elemen lainnya, kami akan sowan dan atau melamar kepada salah satu partai politik serta mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan,” Sriyosef menambahkan.

Sang sekretaris berharap terjadi kolaborasi dengan menyertakan ‘orang baru’ sehingga muncul kombinasi program dan pemikiran baru untuk kemajuan Kabupaten Tasikmalaya kedepan, diantaranya keberpihakan terhadap pembangunan berbasis desa sebagai ujung tombak Kabupaten Tasikmalaya dengan 351 desa yang dimiliki.

Secara pribadi Giri Pribadi pun tidak menampik jika dirinya siap dicalonkan sebagai Balon Bupati Tasikmalaya. Tentu saja jika hal itu mendapat dukungan dari “institusinya” (DPC APDESI-red) dan dari seluruh elemen masyarakat.

Konsep yang akan diusung oleh Giri sebagaimana disampaikan dihadapan wartawan, yaitu dirinya akan menitikberatkan perhatian pada pembanguan desa sebagai fondasi membangun Kabupaten Tasikmalaya yang sebagian besar masyarakatnya berada di pedesaan dengan pertanian yang menjadi mata pencahariannya.

“Pembangunan di bidang pertanian, optimalisasi UMKM serta potensi lainnya menjadi salah satu prioritas program yang akan menjadi perhatian sehingga dapat mendongkrak IPM Kabupaten Tasikmalaya yang masih rendah di Jawa Barat,” pungkasnya.

TIM.

Komentar Anda

BACA JUGA