Minggu, 23 Juni 2024 02:33 WIB

Ibu Eha Menderita Penyakit Kanker Kulit Paling Serius & Ganas Selama 12 Tahun

Sabtu, 25 Mei 2024 22:55:22

Oleh: Redaksi | 242 view

Tribuana News Tasikmalaya

Dalam ilmu kedokteran "Tahi lalat pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi ada kemungkinan berubah menjadi melanoma, bentuk kanker kulit paling serius karena kemampuannya untuk menyebar. Itulah mengapa sangat penting untuk mendeteksi perubahan tahi lalat menjadi melanoma sejak awal.

Namun tahi lalat juga dapat berubah sifat menjadi ganas dan menjadi kanker kulit, yang disebut dengan melanoma maligna. Tipe kulit dan paparan sinar ultra violet matahari menjadi  faktor yang sangat berpengaruh terhadap angka kejadian melanoma maligna.

Hal inilah yang ingin penulis sampaikan, tetapi belum ditanyakan atau melakukan konfirmasi kepada pihak dinas kesehatan kabupaten Tasikmalaya, Apakah selama ini mengetahui ada seorang warga bernama Eha yang berdomisili dikampung Cigarukgak RT 015/RW. 007, desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja yang mengalami penderitaan sejak mempunyai anak balita berusia 18 bulan dan kini telah diduduk kelas 10 Sekolah Menengah Umum.

Eha seorang ibu yang malang ini, mengalami penderitaan sudah lebih 12 tahun tanpa diketahui oleh pihak puskesmas setempat dan dinas. Apalagi selama menderita yang seharusnya aparat pemerintahan desa dan pihak kecamatan cepat tanggap dan bereaksi cepat untuk melakukan pertolongan pada warganya yang sedang terkena musibah penyakit, sepertinya ini pihak terkait melakukan pembiaran.

Seperti diketahui 'Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius, terjadi pada sel yang menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit. Melanoma dapat juga terjadi di mata dan organ internal, seperti saluran pencernaan, meskipun jarang terjadi. Penyebab pasti melanoma tidak jelas, tetapi radiasi sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko terkena melanoma. Faktor lainnya adalah genetik yang mungkin juga memainkan peran.

Penulis berharap semua yang membaca tulisan ini atau siapa saja yang ingin membantu untuk penyembuhan Ibu Eha yang malang, agar menghubungi langsung ketempat tinggalnya di kampung Cigarukgak RT 015/RW 007, desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja kabupaten Tasikmalaya.

Iwan Singadinata

Komentar Anda

BACA JUGA