Minggu, 01 Oktober 2023 19:19 WIB

Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Jadi Kunci Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Kamis, 15 Desember 2022 19:31:11

Oleh: Redaksi | 172 view

Tribuana News. Cikatomas -  Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Bangsa yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tasikmalaya untuk wilayah Tasik Selatan II bertempat di Gedung Serba Guna Ibnu Hambal Cikatomas, Selasa (13/12/2022) menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten di bidangnya. 

Di sesi pertama narasumber dari Polres Tasikmalaya yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Tasikmalaya AKP Much Safar, SH. tentang:
"Panguatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara pada Generasi Muda".
Narasumber kedua dari KPUD yang disampaikan oleh Jajang Jamaludin, S.Ag tentang:
"Pendidikan Politik Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Pada Masa Pandemi Covid-19".
Dan ketiga dari Bawaslu yang disampaikan oleh Ahmad Aziz Firdaus, S.Sos tentang: 
"Sosialisasi Pendidikan Politik Masyarakat dan Penting Wawasan Kebangsaan Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024".

Acara pembukaan dihadiri Forkopimcam diantaranya Camat Cikatomas, Kapolsek, dan DanRamil, Ketua Yayasan Ibnu Hambal, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, perwalian dari Kantor Bakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya yaitu Mariyani, SH sebagai Analis Kebijakan Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama, serta undangan lainnya.

Sedangkan peserta yang hadir sebanyak 150 orang datang dari 4 Kecamatan (Cikatomas, Pancatengah, Cikalong, dan Salopa).

Ahmad Aziz Firdaus, S.Sos memaparkan materi tentang pentingnya wawasan kebangsaan jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, mengatakan bahwa NKRI harus dijaga heterogenitasnya dengan Pancasila yang menjadi pegangannya.

“Sesama anak bangsa bisa jadi tidak rukun karena ada beberapa momentum politik yang mau tidak mau ada kontestasi, kalau Pancasila tidak kita pahami dan hayati bisa menjadi sumber perpecahan,” paparnya.

Oleh karena itu, dia menyampaikan pentingnya memahami ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan untuk para generasi muda khususnya. ( Ayi Ahmad Hidayat)

Komentar Anda

BACA JUGA