Sabtu, 13 Juli 2024 23:22 WIB

Istimewa! Semangat Kemerdekaan HUT RI Ke-77, Cimanglid Barat Juara I se-Desa Singaparna

Kamis, 25 Agustus 2022 13:04:56

Oleh: Redaksi | 397 view

Tribuana News.Singaparna - Semangat warga masyarakat menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke - 77 dengan menggelar kreasi pada acara pawai yang dilaksanakan di Kampung Cimanglid Barat, Kelurahan Singaparna, Rabu, (17/08/22) berakhir sukses. Kuda Lumping menjadi bintang lapangan setelah hampir 2 tahun lamanya tersekat oleh pandemi. Sementara itu Kuda lumping karya warga Cimanglid Barat mendapat predikat terbaik se-Desa Singaparna yang membuatnya dinobatkan sebagai Juara I.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Bapak Utep selaku Kepala Desa beserta jajarannya dan hampir seluruh warga masyarakat ikut hadir bahkan tak sedikit dari desa tetangga yang ikut bergabung. Warga masyarakat yang hadir antusiasnya sangat tinggi untuk melihat dan meramaikan acara tersebut. Acara di mulai pagi pekat dengan titik kumpul di Kampung Cimanglid Barat ke lapangan Desa Singaparna dan dilanjut mengelilingi Alun - Alun Singaparna.

Penampilan Kuda Lumping saat itu memang terbilang istimewa. Yudi Fatahila selaku Ketua RW. 09  Cimanglid Barat pun mengakuinya.

"Penampilan kuda lumping ini memang istimewa, gendang dan tarian nya menyentuh," ujarnya.

Yudi menambahkan bahwa kekompakan dan antusias warga adalah modal utama suksesnya acara memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

 "Perayaan HUT RI Ke - 77 ini pihaknya mengadakan beberapa kegiatan guna untuk menghibur masyarakat, selain itu juga tarian Kuda Lumping, yang merupakan salah satu tarian yang harus terjaga kelestarianya".

Pasalnya untuk membuat kuda lumpingnya itu sekitar kurang lebih satu minggu dan itu dana nya dari swadaya masyarakat juga donatur yang mendukung kepada program yang sedang dijalankan ini.

"Untuk latihannya hampir dua minggu sampai kita bisa melaksanakan dengan maksimal. Semua berkat kerjasama masyarakat khususnya Ibu-Ibu dan Pemuda yang antusias untuk memeriahkan HUT RI ini dan menjuarai satu tingkat RW Se-Desa Singaparna. 
Hadiah ini saya persembahkan untuk seluruh warga masyarakat, karena berkat merekalah semua ini bisa terwujud. Alhamdulillah dengan jerih payah masyarakat membuahkan hasil yang maksimal. Saya berharap agar budaya asli Indonesia ini bisa terus di lestarikan, karena itu salah satu merupakan warisan dari pendahulu kita, juga untuk kedepanya kita bisa lagi merayakan HUT RI dengan lebih baik lagi,"  pungkasnya. (Resta)

Komentar Anda

BACA JUGA