Minggu, 25 Februari 2024 09:56 WIB

Jalan Penguhubung Kecamatan Sariwangi dan Kecamatan Cigalontang Terputus

Rabu, 10 Mei 2023 07:48:19

Oleh: Redaksi | 239 view


Tribuana News. Sariwangi - Jebolnya oprit jembatan Cisolok Cidugaleun yang menghubungkan Kecamatan Sariwangi dan Kecamatan Cigalontang pada minggu (07/05/23) sore hari membuat aktifitas masyarakat kedua kecamatan menjadi terganggu.

Pasalnya jembatan Cisolok Cidugaleun merupakan jalan utama dan menjadi penopang roda ekonomi kedua Kecamatan yakni Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Sariwangi

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Kabupaten Tasikmalaya, Romi Gardara, S.T mengatakan bahwa oprit jembatan tersebut akan segera diperbaiki .

“Tadi pagi kita sudah turun ke lapangan untuk general checking, mungkin tidak terpikirkan dahulunya sampah-sampah itu, karena kan ada dua saluran, saluran bawah tertutup dan saluran atas terbuka,” terang Romi.

Maksudnya, lanjut Romi, ketika debit airnya besar seperti hari Minggu kemarin itu akan over flow dan air itu akan mengalir di saluran terbukanya.

“Ternyata saluran tertutupnya itu ada sampah, berikut sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat dan sampah yang lainnya sehingga saluran bawah tidak lancar dan saluran yang atas tidak di desain untuk menahan debit air sebesar itu,” ungkap Romi kepada Tribuana News saat ditemui di ruang kerjanya, Senin ( 08/05/2023). 

Adapun untuk pengerjaan perbaikannya, Romi mengatakan, belum bisa memprediksi seberapa lamanya.

“Rencana kebutuhan biayanya berapa, teknik membangunnya bagaimana, dan titik-titik mana yang harus kita perbaiki, setelah itu kita estimasi dan meminta langsung arahan dari Bupati,” tambahnya.

Adapun untuk anggarannya, terang Romi, biasnya dari BTT.
etapi pihaknya akan minta arahan langsung ke Bupati, apakah kita harus menganggarkan untuk tahun depan atau bagaimana.

Sementara, mengenai transportasi antar kedua Desa tersebut atau dua Kecamatan tersebut, Romi mengatakan akan mengusahakan ke bawah pakai jembatan lama melalui cekdam.

“Kita perbaiki cekdamnya, sekarang kita mendatangkan alat berat karena disana cekdamnya tersumbat alirannya sehingga air tidak naik ke cekdam dan hari ini kita usahakan selesai dan mudah-mudahan hari ini juga bisa dilewati,” harapnya. (Aris)

Komentar Anda

BACA JUGA