Sabtu, 13 Juli 2024 22:56 WIB

Kabid Jalan Romi Gardara Tinjau Pembangunan Jalan Gununganten-Pamijahan

Rabu, 26 Juni 2024 19:01:54

Oleh: Redaksi | 67 view

Tribuana News Tasikmalaya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya secara konsisten dan berkelanjutan melakukan perbaikan infrastruktur jalan-jalan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Hal itu dilakukan Bupati H.Ade Sugianto, sebagai bentuk upaya pemerintahannya dalam meningkatkan mobilitas masyarakat pengguna jalan di wilayah masing-masing sehingga aktivitas sehari-hari dapat berjalan tanpa terkendala masalah transportasi.

Seperti pantauan media, saat ini Pemkab sedang melaksanakan kegiatan pekerjaan sub kegiatan rekonstruksi jalan, paket pekerjaan penanganan long segment pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, peningkatan dan rekonstruksi ruas Jalan Gununganten-Pamijahan.

Melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PUTRPR KPLH) Kabupaten Tasikmalaya Aam Rahmat Selamet yang saat ditemui watawan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Jalan Romi Gardara ST, diperoleh keterangan bahwa tahun ini ada beberapa kegiatan untuk ruas Jalan Gununganten-Pamijahan yang dilaksanakan.

“Untuk tahun 2024 sedang berjalan kegiatan rekonstruksi Jalan Gununganten-Pamijahan. Untuk panjang ada 13,4 kilometer dengan lebar 3,5 kilometer,” ujar Romi.

Menurut Romi, pagu anggaran untuk perbaikan ruas jalan Gununganten-Pamijahan yang meliputi Kecamatan Bantarkalong di Desa Pamijahan dan Wangunsari, Kecamatan Sodonghilir di Desa Cukangkawung, Parumasan dan Sepatnunggal adalah sebesar Rp 9.737.152.000 dengan nilai kontrak pekerjaan yang telah disepakati adalah sebesar Rp 9.313.964.600. Sedangkan lokasi kegiatan di Desa Parumasan Kecamatan Sodonghilir sepanjang tiga kilometer.

“Ruas Jalan Gununganten-Pamijahan sangat berdampak pada sektor pertanian dan pariwisata, termasuk ekonomi masyaraka,” imbuh Romi.

Masih menurut Romi, berdasarkan data pada tahun 2023 dilaporkan bahwa kondisi Ruas Jalan Gununganten-Pamijahan, dengan kondisi baik sepanjang 7,94 kilometer, kondisi sedang 2,48 kilometer, rusak ringan 0,3 kilometer dan rusak berat 2,68 kilometer.

“Diharapkan dengan direalisasikannya perbaikan jalan ini bisa benar-benar bermanfaat bagi aktivitas masyarakat, terutama berdampak terhadap peningkatan ekonominya,” harapnya.

Sementara itu mewakili pemerintahan setempat, Camat Sodonghilir Uu Saeful Uyun menyampaikan dirinya bersama-sama dengan Danramil yang didampingi  RT, RW, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dan warga Desa Parumasan yang lain, juga ikut meninjau pengerjaan Jalan Gununganten-Pamijahan yang berada di titik Desa Parumasan.

“Masyarakat Desa Parumasan  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto yang telah menuntaskan perbaikan jalan Gununganten-Pamijahan sejak 2020, 2022 dan sekarang 2024,” ujar Uyun.

Manfaat positifnya tentu saja sudah dapat dirasakan oleh masyarakat disekitarnya. Tidak hanya pada sektor pertanian dan wisata, tetapi juga sangat menunjang bagi sektor perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya. Selain itu juga dengan kondisi jalan yang nyaman memberikan kebahagiaan terutama bagi anak-anak sehingga dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk sekedar bermain otoped ataupun bersepeda.

“Banyak para petani yang termotivasi untuk meningkatkan produksi hasil tani baik beras maupun perikanan, perbaikan jalan memudahkan akses mobilitas, pelayanan umum dan peningkatan produksi UMKM,” pungkasnya. (TIM)

Komentar Anda

BACA JUGA