Minggu, 25 Februari 2024 08:28 WIB

Kemenag Kabupaten Tasikamalaya Gencar Lakukan Sosialisasi BPIH

Rabu, 01 Februari 2023 19:10:11

Oleh: Redaksi | 167 view

Tribuana News. Padakembang -  Menanggapi isu dan informasi terkait kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya melakukan sosialisasi kepada Masyarakat, seperti saat menyampaikan pembinaan kepada Para Penyuluh Agama Islam dan Para Amil se-Kecamatan Sariwangi, Leuwisari dan Padakembang di Gedung Da'wah Islamiyyah Padakembang. Kamis, (26/02/23).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya H. Dudu menyampaikan bahwa BPIH yang diusulkan ke DPR ini berdasarkan Realistis kenaikan anggaran. Ia juga menyampaikan rincian anggaran yang harus di bayar oleh Jemaah Haji.

"Usulan BPIH  tersebut sudah melalui proses yang cukup matang dari Pemerintah dan sudah menjadi pilihan terbaik setelah mempertimbangkan berbagai aspek, memenuhi prinsip keadilan dan keberlangsungan dana haji," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam Rapat Kerja Bersama Komisi VIII DPR RI, Menteri Agama beberapa waktu lalu membahas agenda persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji termasuk biaya perjalanan ibadah haji. Kementrian Agama mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M sebesar Rp. 69.193.733,60,-. 
Jumlah ini 70% dari usulan rata-rata BIPIH yang mencapai Rp. 98.893.909,11,-

Menurut H. Dudu usulan ini merupakan langkah bijak yang diambil oleh Menteri Agama untuk melindungi hak Calon Jemaah Haji yang sudah menunggu antrian selama bertahun-tahun.

“Saya himbau kepada para Perangkat di Kementerian Agama terutama para Penyuluh dan para Ajengan untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat informasi yang utuh dan jelas dan kami berpesan kepada masyarakat, khususnya bagi Calon Jemaah Haji untuk dapat bersabar dan bersikap bijak dalam menyikapi setiap informasi beredar, karena akan banyak simpang-siur berita yang tersebar di media massa dan media sosial," ungkapnya.

Selain itu, H. Dudu juga imbau kepada Calon Jemaah Haji agar menunggu pengumuman dan kepastian biaya perjalanan ibadah haji dari Pemerintah, karena hal ini masih dalam tahap usulan, belum keputusan akhir.

Sosialisasi hari ini tidak hanya dilaksanakan di GDI Padakembang saja, akan tetapi dilaksanakan di Gedung PLHUT yang di hadiri oleh para Pengurus KBIH se-Kabupaten Tasikmalaya dan juga dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag yang dihadiri oleh para Pegawai. ( Ayi/Humas Kemenag)

Komentar Anda

BACA JUGA