Kamis, 13 Juni 2024 04:03 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hadiri Peringatan Maulid Nabi dan Pelantikan DPD IMMAN Kabupaten Tasikmalaya

Kamis, 28 September 2023 10:47:12

Oleh: Redaksi | 633 view

Tribuana News. Singaparna - Pondok Pesantren Ihyarussalap Mukaromah yang berlokasi di Kp. Cimanglid Timur RW. 10 Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW dengan menggelar acara Tabligh Akbar, Santunan Anak Yatim dan Jompo, serta pelantikan Dewan Pengurus Daerah Ikatan Mubaligh Mubaligoh Nusantara (IMMAN) Kabupaten Tasikmalaya, pada Rabu /Malam Kamis (27/09/2023).

Acara dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Erry Purwanto, Ketua DMI, Camat Singaparna, Ketua MUI, Ketua Umum DPP IMMAN KH. Muslihuddin, SH.i., MM
beserta pengurus lainnya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya, dan ratusan warga masyarakat yang memadati area kompleks Pesantren.

Sebelum acara Tabligh Akbar,  dilakukan prosesi pelantikan Ketua Dewan Pengurus Daerah IMMAN Kabupaten Tasikmalaya Ajengan Maki (Pimpinan Pondok Pesantren Ihyarussalap Mukaromah) beserta kepengurusan lainnya, oleh KH. Muslihuddin, SH.i., MM. sebagai Ketua Umum DPP IMMAN.
Seperti diketahui
IMMAN atau Ikatan Muballigh Mubaligoh Nusantara adalah Organisasi perkumpulan para Da'i di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke maka dari ini organisasi ini di namai IMMAN atau ikatan muballigh Mubaligoh Nusantara, dan organisasi ini tidak ada kaitannya dengan Islam Nusantara, Tapi Nusantara disini lebih menekankan Keseluruhan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Erry Purwanto saat diwawancara Tribuana News usai acara menyampaikan ucapan selamat atas telah dilantiknya kepengurusan DPD IMMAN Kabupaten Tasikmalaya dan berharap kedepannya bisa bersinergi dengan pemerintah setempat keberadaan bisa menjadi spirit bahwa da'wah ini memberikan edukasi, karena bagaimanapun juga masyarakat kita ini plurarisme apalagi adanya generasi gadjet bahwa pengenalan dunia itu lebih dekat sehingga diperlukan filter yang kuat.

"IMMAN ini juga bisa menjadi salah satu bagian yang bisa mencegah bagaimana agar anak-anak muda tidak terjerumus pada hal lebih mendunia yang bertentangan dengan kultur dan agama kita. Tentunya ini adalah sebuah harapan agar IMMAN lebih mengedepankan da'wah yang edukasi. Saya mendo'akan agar IMMAN lebih maju dan berkembang, terlebih berharap bisa mengayomi para penda'wah dari berbagai wilayah karena tidak jarang Mubaligh Mubaligoh daerah yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah," ujarnya.

Erry menambahkan bahwa pihaknya juga dulu telah menggagas pendirian Forum Silaturahmi Ajengan Desa yang intinya sama sama mengedepankan da'wah.

"Tapi yang jadi persoalan adalah ketika melihat struktur APBD di Kabupaten Tasikmalaya yang seakan-akan yang mendapatkan bantuan itu adalah lembaga yang besar, sementara dalam tanda kutip Ajengan Ajengan yang di kampung, Tajug tajug itu sama sekali tidak tersentuh, sehingga disitu terkesan tidak ada keadilan, padahal mereka juga memiliki hak yang sama untuk memperoleh perhatian dari subsidi atau bantuan pemerintah. Nah, barangkali dengan adanya IMMAN ini bisa menjembatani mereka yang belum menikmati dan bagaimana mereka merasakan disupport oleh pemerintah," harapnya.- (Redaksi)

Komentar Anda

BACA JUGA