Selasa, 07 Februari 2023 08:06 WIB

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis Menghadiri Panen Perdana GNP

Senin, 04 April 2022 11:15:14

Oleh: Redaksi | 130 view

Tribuana News. Ciamis - Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Pamarican, melaksanakan kegiatan panen perdana dari Gerakan Nanam Padi (GNP) pada media tanam polibeg.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pangkalan Gugus Depan SD Negeri 1 Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Rabu (30/03/2022). 

Penen perdana tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis, H. Nanang Permana, SH.

Dan dihadiri oleh Ketua, dan para Pengurus Kwarran Pamarican, Ketua DKR Satria Praja Ditakerti dan anggota, Unsur Mabiran Kecamatan Pamarican, Anggota Pramuka di Gugus Depan SDN 1 Neglasari, dan tamu undangan lainnya. 

Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis, H., Nanang Permana, SH., menjelaskan bahwa menanam padi pada media tanam polibeg pihaknya menggunakan benih bernama MSP (Mari Sejahterakan Petani) jenis Inbrid. Sehingga hasil panen ini bisa digunakan kembali untuk benih.

“Masa tanam padi ini sekitar 97 hari sudah bisa di panen. Kami mengintruksikan kepada para Pengurus Kwarran, dan para Pembina Pramuka di setiap Pangkalan Gugus Depan, menanam padi ini menggunakan pupuk organik, tidak menggunakan pupuk buatan pabrik," ungkapnya 

Nanang, mengungkapkan bahwa Gerakan Nanam Padi (GNP) ini diluncurkan Kwarcab Pramuka Ciamis, untuk mendidik, dan melatih anak-anak, khususnya anggota Pramuka di wilayah Kabupaten Ciamis, supaya tahu bagaimana cara bertani, dilahan kering.

"GNP ini juga sebagai bentuk upaya menyelamatkan generasi," jelasnya.

Nanang, menambahkan bahwa kegiatan panen kali ini, merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Tingkatan Pramuka Penggalang, Program Gerakan Nanam Padi (GNP) di Pangkalan Gugus Depan Sekolah Dasar, yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis.- (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA