Selasa, 07 Februari 2023 09:41 WIB

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Hadiri Pelantikan Dan Pengukuhan Majelis Pembiming, Andalan Dan LPK Kwarran Banjarsari

Jumat, 26 Agustus 2022 07:35:32

Oleh: Redaksi | 156 view

Tribuana News. Ciamis -- Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Nanang Permana, S. H, menghadiri pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing, Andalan dan LPK Kwartir Ranting (Kwarran) Banjarsari masa bakti 2022-2025, Kamis (25/8/2022) bertempat di Aula Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat. 

Drs H Dedi Iwa Saputra Ketua Mabiran Kwartir Ranting Banjarsari mengatakan, dengan pelantikan ini semoga mendapat bimbingan dan motivasi bagi seluruh jajaran Kwartir Ranting Banjarsari. 

"Dengan niat yang ikhlas kita mengabdi terhadap bangsa dan negara," ucapnya. 

Lebih lanjut Dedi menegaskan, seluruh jajaran pengurus Kwartir Ranting Banjarsari siap untuk melaksanakan tugas ini, Pramuka ini adalah organisasi non formal tetapi Pramuka ini harus diisi jiwa muda dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Nanang Permana, S. H, pelantikan ini sudah sesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

”Pengurus Majelis Pembimbing, Andalan dan LPK Kwartir Ranting Banjarsari mempunyai tugas memimpin, dan mengendalikan, Gerakan Pramuka, serta memajukan kegiatan Kepramukaan di wilayah Kecamatan Banjarsari," jelasnya.

Lebih lanjut Nanang mengatakan bahwa Pendidikan Kepramukaan salah satu pendidikan nonformal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri, serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan Bangsa dan Negara.

Nanang, berharap kepada Pengurus Majelis Pembimbing, Andalan dan LPK Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Banjarsari yang sudah dilantik, supaya melakukan konsolidasi dalam melakukan kegiatan Kepramukaan dan harus melibatkan semua pihak yang terkait.

“Sebagai pengurus hendaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni mau, mampu, dan punya dedikasi tinggi. Hal itu diperlukan agar organisasi yang dijalankan bisa mencapai kemajuan," ungkapnya

Dikatakan Nanang, bahwa menjadi Pengurus Gerakan Pramuka merupakan kerja pengabdian. Untuk bisa mengabdi dengan baik, harus dilandasi dengan sikap ikhlas.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi Pengurus Gerakan Pramuka kedepan  semakin berat. Untuk itu, diperlukan pengurus yang tangkas, dan cerdas, agar bisa menyelesaikan semua tantangan, dan juga rintangan yang dihadapi.

“Melalui kesempatan ini, saya ucapkan selamat bekerja, kita berharap, adanya reorganisasi ini akan menambah kemajuan Gerakan Pramuka khususnya di wilayah Kecamatan Banjarsari,” pesannya. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA