Minggu, 25 Februari 2024 10:01 WIB

Kolaborasi LATGAB Desa Tawangbanteng dan Gunungsari

Senin, 20 Maret 2023 17:18:35

Oleh: Redaksi | 288 view

Tribuana News. Sukaratu - Guna meningkatkan kapasitas masyarakat siaga dalam penaggulangan bencana dan memperkuat jiwa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mempererat jalinan tali silaturahmi, Pemdes Tawangbanteng berkolaborasi dengan Pemdes Gunungsari, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya menggelar  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM), Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana (RBP) dan Pendidikan Bela Negara (NKRI) Satlinmas, bertempat di Bumi Perkemahan Bukit Nangreu Wisata Alam Gunung Galunggung, Minggu (19/03/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yang di hadiri oleh Asisten Daerah III mewakili Bupati Tasikmalaya, Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Tagana Kabupaten Tasikmalaya beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Drs.Asep Darisman M.M., mewakili Bupati menyampaikan apresiasi dan pesan dari Bupati Tasikmalaya.

"Tentunya kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya merasa bersyukur dan menyampaikan ucapan  terimakasih kepada rekan-rekan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurut kami sangat luar biasa kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas kemampuan dari pada masyarakat terhadap penanggulangan bencana," ungkapnya.

Ketika Tribuana News menanyakan bentuk apresiasi penghargaan apa yang akan diberikan kepada Linmas dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Asep Darisman menjawab bahwa kegiatan ini akan disampaikan kepada Bupati, paling tidak Pemkab akan  memberikan  penghargaan berbentuk piagam, dan berharap kedepannya ada intensif dan sebagainya.

"Kami berharap apa yang menjadi maksud dan tujuan kegiatan ini bisa di contoh oleh Desa-Desa yang lain, kalau pun anggarannya tidak mencukupi atau tidak memadai,  mudah-mudahan dengan cara apapun misalnya swadaya gotong royong dan lain sebagainya, supaya bisa menyelenggarakan kegiatan ini," tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Tawangbanteng Nandang Abdul Azis memaparkan rangkaian kegiatan kepada Tribuana News disela kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah kegiatan sampai dengan hari ketiga ini sudah berjalan dengan lancar, kebetulan ada tiga kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Tawangbanteng dan satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Gunungsari. Yang pertama di Desa Tawangbanteng Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM),yang keduanya adalah (RPB) peraturan bencana adalah pemantapan pembinaan anggota Satlinmas. Sedangkan di Desa Gunungsari melaksanakan kegiatan atau Pendidikan Bela Negara atau pendidikan Satlinmas, maka kita kolaborasikan di hari Sabtu dan hari Minggu," ujarnya.

Lebih lanjut Nandang menambahkan bahwa  kegiatan ini sebenarnya bukan hanya diikuti 2 Desa saja, pihaknya ingin berkolaborasi dengan Desa-Desa yang lain  khusus yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, agar terjalin silaturahmi yang kokoh dan adanya elaborasi kegiatan atau program-program yang dilaksanakan, sehingga saling melengkapi untuk kemajuan Desa Tawangbanteng dan Desa Gunungsari juga Desa-Desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya khususnya 2 Desa yang melaksanakan kegiatan ini .

"Kebetulan kita mendapatkan informasi malam tadi menjelang subuh, sebetulnya Bupati mau hadir tetapi ketika informasi dari Pemda bahwa hari ini  Bupati ada tiga kegiatan sehingga beliau mewakilkan pak Asda III Drs. Asep Darisman,  MM. untuk menyampaikan  pesan-pesannya supaya kegiatan pelatihan ini berjalan terus kontinuitas dan juga kegiatan- kegiatan ini bisa mendapatkan apresiasi penuh dari apresiasi masyarakat,untuk di aplikasikan kedepannya," imbuhnya .

Nandang juga berharap  Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus mendorong Desa-Desa yang ada di kabupaten Tasikmalaya, bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam peningkatan kapasitas kelembagaan di Desa masing-masing. Jika Kabupaten Tasikmalaya ingin maju kuncinya adalah bagaimana Desa-Desanya bisa maju,  jika Desa sudah maju maka Kabupaten Tasikmalaya yakin akan maju. 

Sementara itu Kepala Desa Gunungsari Susandi, S.H juga menambahkan bahwa momen seperti ini sangat luar biasa sekali para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan.

"Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pak Asda III, Kepala BPBD, Camat Sukaratu,  Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya beserta staffnya,  juga Tim Tagana yang sudah hadir dan mendukung dalam kegiatan ini, semoga ilmu yang didapatkan oleh peserta dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan bisa di implementasikan di masyarakat," ujar  Susandi. (Aris)

Komentar Anda

BACA JUGA