Selasa, 07 Februari 2023 09:11 WIB

Komisi X DPR RI Sambut Baik Tuntutan Aspirasinya Para Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia

Sabtu, 29 Januari 2022 09:03:56

Oleh: Redaksi | 787 view


Tribuana News. Jakarta - Ratusan Guru Honorer yang tergabung dalam Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) mendatangi Gedung DPR RI Senayan Jakarta. Pada Kamis (27/1/2021). 
Massa berangkat pukul 09.22 WIB dari depan kantor Kelurahan Gelora menuju ke gedung DPR RI dengan tertib dan mendapat pengawalan dari kepolisian. Setelah berorasi massa pun mendapatkan respon baik dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X DPR RI dibuka pada pukul 11.05 WIB oleh H. Syaiful Huda/Ketua Komisi X DPR RI. Hadir mendampingi Dr. Dede Yusuf M.E.,M.IPol/Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Abdul Fikri Faqih, M.M./Wakil Ketua Komisi X DPR RI, dan H. M. Nur Purnamasidi/Anggota Komisi X DPR RI/Fraksi Partai Golkar. 

Tete Suherman, S.Pd.I selaku ketua Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan sekaligus Koordinator FGHNLPSI Kabupaten Tasikmalaya mengatakan kepada TribuanaNews bahwa FGHNLPSI adalah sebuah forum yang beranggotakan Guru Honorer dari Sabang sampai Merauke dengan latar satuan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang berbeda beranggotakan kurang lebih 9000 orang guru. Pada kesempatan aksi tersebut hadir seratus orang lebih yang merupakan perwakilan dari berbagai daerah di tanah air.

Rapat diawali dengan pengantar Ketua Rapat, dilanjutkan penyampaian aspirasi oleh Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHLPGSI), dilanjutkan dengan pertanyaan, saran dari Anggota Komisi X DPR RI. 

"Jangan diadakan lagi test seleksi PPPK tahap 3, tapi tuntaskan dulu mereka mereka yang telah lulus Passing Grade. Jika masih melaksanakn test tahap 3 dan optimalisasi maka akan terjadi migrasi guru ke luar Kabupaten dan luar Provinsi, jika ini terjadi maka masalah honorer tak akan pernah selesai, karena sekolah yang ditinggalkannya pasti akan kekosongan guru, dan pihak sekolah pasti akan mengangkat lagi honorer, nah jika demikian kapan tuntasnya?
Selanjutnya antara Pusat dan Daerah itu harus seirama, jangan saling tuduh kebijakan tentang formasi, Pusat ingin banyak formasi, sementara Pemda ketakutan menyedot APBD nya jika membuka formasi banyak.
Sedangkan ntuk menginventarisir yang telah lulus PG (Passing Grade) maka harus di data basekan oleh BKPSDM seperti yang telah dilakukan pada Jonorer K2, supaya berapa pun formasi yang keluar dari pemda bisa diisi langsung oleh yang telah lulus PG tanpa harus tes lagi," tegasnya.

Terhadap aspirasi dan tuntutan yang disampaikan Forum Guru Honorer Negeri
Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHLPGSI), Komisi X DPR RI (Bidang: Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pariwisata
dan Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahrag, dan Perpurnas) menyampaikan pandangan dan sikap sebagai berikut:

•1. Mendesak Kemendikburistek RI untuk segera menindaklanjuti keputusan raker tanggal 19 Januari 2022 dengan mengkoordinasikannya kepada K/L terkait dan hasil raker tersebut diperkuat dalam bentuk Permendikbudristek atau Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kemendikbudristek RI, KemenPANRB RI, Kemenkeu RI, dan Kemendagri RI.


 
•2. Dalam Permen atau SKB sebagaimana angka 1 di atas, antara lain memasukan:
a) Substansi pengaturan bahwa guru honorer yang telah mengikuti seleksi 
PPPK tahun 2021 dan lulus passing grade akan mendapatkan formasi
tanpa ujian kembali.
b) Kepastian alokasi anggaran gaji dan tunjangan guru PPPK bersumber dari 
APBN dengan skema DAU yang jelas.

•3. Mendesak Pemerintah agar kebijakan-kebijakan seleksi guru PPPK 
dikoordinasikan dan disampaikan dengan baik oleh satu kementerian, sehingga
adanya kepastian dan tidak saling bertentangan, terutama dalam hal kepastian 
anggaran dan formasi PPPK di daerah.

Setelah dari gedung DPR RI melanjutkan aksinya ke kantor Kementrian Pendayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi namun Menpan RB H. Tjahyo Kumolo, S.H tidak sedang berada di kantor. - (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA