Selasa, 30 April 2024 14:08 WIB

Kwarcab Ciamis Gelar Orientasi Kepramukaan Majelis Pembimbing Gugusdepan

Jumat, 29 Oktober 2021 14:47:42

Oleh: Redaksi | 212 view


Tribuananews - Ciamis - Sebanyak 81 Kepala Sekolah, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican, dan Kecamatan Banjaranyar, mengikuti kegiatan Orientasi Kepramukaan Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus). 

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR), Geger Bentang Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

Orientasi Kepramukaan Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) tersebut, dilaksanakan selama satu hari. 

Adapun peserta kegiatan Orientasi Kepramukaan Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) tersebut, adalah para Kepala Sekolah SD, dan MI, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican, dan Kecamatan Banjaranyar.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Pramuka Dewasa, DR., H., Wawan S Arifien, mengungkapkan  bahwa tujuan dari kegiatan Orientasi Kepramukaan bagi Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) Pangkalan SD, dan MI, ini adalah untuk meningkatkan kualitas Pembimbing Pramuka, guna merealisasikan nilai keutuhan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam dan kemandirian.

Wawan, berharap dengan terlaksananya kegiatan Orientasi Kepramukaan bagi Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican, dan Kecamatan Banjaranyar ini, dapat memberikan bekal kepada para Mabigus, Gerakan Pramuka, tentang tugas, dan fungsinya.

"Semoga pemahaman tentang fungsi, serta tugas Mabigus, akan meningkat, dan berdampak, pada peningkatan pembinaan Pramuka di Sekolah," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Kwarran Pamarican, Baehaki Efendi, S.Pd.,  bahwa dengan terselenggaranya kegiatan Orientasi Kepramukaan Bagi Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus), Pangkalan Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), yang ada di Kwarran Pamarican, dan Kwarran Banjaranyar  ini bisa memahami tentang tugas, dan fungsi Mabigus, dalam mengelola, serta mengakomodir, Pendidikan  Kepramukaan, kepada para Pembina, dan Siswa - Siswi, di Sekolah tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Pamarican, Iptu., Jajang Sahidin, SH., selaku Waka Mabiran Kwarran Pamarican, Andalan Cabang Wilayah V Kak., Nurholis, Ketua Kwarran Banjaranyar, Kak., Dede Muhyi, dan jajaran para Pelatih di Kwarcab Ciamis.- (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA