Minggu, 25 Februari 2024 09:04 WIB

Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya Sukses Gelar Lomba Tingkat III Tahun 2023. Bupati Sampaikan Pesan Berikut :

Senin, 20 Februari 2023 08:02:08

Oleh: Redaksi | 375 view


Tribuana News. Sariwangi – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto membuka Lomba Tingkat III Tahun 2023 Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya, di Lapang Gegernyangked Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (17/2/2023).

Dr. Muhammad Zen, selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya dalam laporannya  menyampaikan bahwa 
Kegiatan ini mengikutsertakan 39 Regu Putra, dan 39 Regu Putri, dengan 39 pendamping. Total Peserta 642, terdiri dari:  Laki-laki : 321 orang, dan Perempuan : 321 orang.

Zen juga menyampaikan rasa bangganya kepada para Peserta LT. III yang sudah siap untuk mengikuti berbagai perlombaan dan berharap kegiatan berjalan dengan lancar.

"Kobaran semangat yang membara dari para peserta membuat saya  tetap berdiri tegak di tengah derasnya hujan. Harapan-harapan saya disampaikan kepada para peserta agar menjadi penerus untuk masa yang akan datang. Dedicate of life, Pengabdian tanpa henti," tegasnya.

Sementara itu Bupati Tasikmalaya sebelum membuka acara menyampaikan urgensi diselenggarakannya kegiatan tersebut.

"Terselenggaranya acara ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kualitas anggota Pramuka dan mencari regu berprestasi Pramuka Penggalang, untuk diikutsertakan pada Lomba Tingkat IV tahun 2023. Lebih dari itu, kegiatan Pramuka ini guna membangun generasi menuju Indonesia Emas tahun 2045," ujarnya.

Menurut Bupati, penting memiliki jiwa pengabdian sejak dini. Banyak hal yang ingin disampaikan tetapi ada satu yang penting yakni jiwa pengabdian, kepada agama, bangsa dan keluarga. 
Bung Karno menyampaikan bahwa bukan apa-apa tanpa jiwa pengabdian. Dalam Pramuka kita tahu ada Tri Satya, Pramuka tanpa Tri Satya bukanlah apa-apa. 

"Oleh karenanya, jiwa pengabdian harus ditanam dan tumbuh sejak dini melalui Pramuka. Semoga adik-adikku dapat membawa bangsa ini menuju dunia dengan bangga. Akulah Pramuka Idonesia," pesan Bupati.

Dikesempatan terpisah Tribuana News menemui  Ende S.Pd.I selaku Pembina Perkemahan Induk, dan menyampaikan bahwa kegiatan LT. III ini melibatkan dan diikuti terdiri dari : orang dewasa 3 orang/Kwartir, Kepanitian 60 orang, Dewan Juri 45 orang, Linmas Kecamatan Sariwangi, juga dari dengan Polsek dan koramil.
Sarana pendukung Tim Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Sariwangi dan dukungan  dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya,  BPBD, PDAM, dan PLN,"  jelasnya.

Adapun jenis kegiatan diantaranya
•Tanggal 17 (hari pertama):
1. Packing Bag 8 orang
2. Pakaian Seragam
3. Program dan Laporan Admistrasi Regu.

•Tanggal 18 (hari kedua) :
Wisata Alam Putri :
1. Morse & Semaphore  (2)
2. Peta Pita 7 orang
3. Peta Lokasi 7 orang 
4. Peta Perjalanan 7 orang 
5. Panorama 7 orang 
6  Sandi 7 orang

Giat Putra :
1.Membidik Sasaran (1)
2.Pioneering 4 orang
3.Kuliner Survival 2 orang 
4.Baris berbaris 7 orang
Tata Kelola Lingkungan (1)

•Tanggal 19 (hari ketiga):
1.Teknologi Tepat Guna
2.Budaya Nusantara
 Upacara Penutupan.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah para Siswa
mulai dari Kelas 7 sampai Kelas 9.
Untuk Regu yang berprestasi bisa masuk ke LT IV yang akan di selenggarakan pada Tgl 13-16 Maret yang rencananya akan di selenggarakan di Bandung 
tapi lokasinya belum dipastikan, bisa di  Kiarapayung Jatinangor atau di Situ Cilenca Pangalengan.
Di kesempatan ini kami ingin mengucapkan selamat kepada 
Regu Putra Sodonghillir, dan 
Regu Putri Bojonggambir yang akan menjadi wakil  Kabupaten Tasikmalaya dalam kegiatan LT IV nanti," pungkasnya. (Aris - Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA