Minggu, 25 Februari 2024 09:23 WIB

Mahasiswa KKN Unsil Tasikmalaya Melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah dan Pembuatan Pupuk Biosaka

Senin, 10 Juli 2023 11:55:38

Oleh: Redaksi | 681 view

Tribuana News. Jatiwaras - Anggota Kelompok Kerja Nyata (KKN) 26 Universitas Siliwangi Tasikmalaya kompak saat melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah dan Pembuatan Pupuk Biosaka, yang berlokasi di Wusto Nurul Falah Dusun Karangsasri, Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (09/07/2023)

Komala Sari salah seorang Mahasiswi saat dihubungi melalui WhatsApp yang tengah berada di lokasi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini berisi beberapa acara yang dimulai dengan pemaparan materi mengenai pemanfaatan lahan pekarangan oleh mahasiswa Unsil yang di dampingi oleh pihak BPP Kecamatan Jatiwaras. 
Kemudian dilanjutkan dengan demo pencampuran 3 komponen bahan media tanam yaitu tanah, pupuk kompos, dan sekam padi. 
Pada kesempatan tersebut demonstrasikan juga mengenai tata cara pembuatan pupuk biosaka.

Sementara itu Koordinator Kelompok KKN Muhammad Raihan Nurul Ijaz, didampingi Dosen Pembimbing Joni, S.EI., M.E.Sy, mengatakan pemanfaatan lahan pekarangan dan pembuatan pupuk biosaka ini merupakan bentuk inovasi yang di gagas oleh mahasiswa unsil untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Dusun Karangsari. 

"Kami berharap dengan dilakukannya sosialisasi ini di harapkan masyarakat dapat lebih memanfaatkan lahan pekarangan rumah sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang bernilai ekonomi, dan bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik khususnya dalam kesejahteraan masyarakat Desa Neglasari," ujar Muhammad Raihan.

Acara diakhiri dengan praktek pengaplikasian pencampuran tanah dan pembuatan pupuk biosaka oleh masyarakat.- (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA