Minggu, 25 Februari 2024 08:12 WIB

Manonjaya Zona Terakhir Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Tahun 2022

Rabu, 14 Desember 2022 19:17:40

Oleh: Redaksi | 206 view

Tribuana News. Manonjaya - Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tasikmalaya tuntaskan penyelenggaraan Program Pendidikan Politik Masyarakat dan  Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Bangsa tahun 2022, setelah sebelumnya kegiatan dilaksanakan di 6 zona yaitu: Cipatujah, Jamanis, Puspahiang, Sukaratu, Sukaraja, Cikatomas, dan terakhir di Manonjaya, yang dilaksanakan di Aula Perguruan Ar-Ruzhan Cilangkap Manonjaya, Rabu (14/12/2022).

Peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan di Manonjaya ini berjumlah 158 yg datang dari 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Cineam, Karangjaya, Gunungtanjung, dan Manonjaya

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H. Apip Ifan Permana, unsur Forkopimcam Manonjaya diantaranya Camat Manonjaya, Kapolsek, dan DanRamil Manonjaya, Kepala Kantor Bakesbangpol yang diwakili Mariyani, SH sebagai Analis Kebijakan Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama, serta undangan lainnya.

Mariyani, SH mewakili Kepala Badan Ketahanan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan laporan bahwa alasan diselenggarakannya pembinaan ini selain untuk menangkal ancaman yang dapat memecahbelah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diakibatkan dari resesi global dibidang ekonomi,  dan sikap intoleran serta faham radikalisme, disamping itu Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang akan digelar kurang lebih 13 bulan lagi juga menjadi ancaman dalam kehidupan berbangsa, karena Pemilu berpotensi memetik konplik.

"Maka Badan Kesatuan Bangsa dan Politik hadir ditengah-tengah hadirin untuk memberikan pemahaman dan pembinaan tentang wawasan kebangsaan.
Dikesempatan ini kami menghadirkan 3 narasumber untuk memberikan materi, diantaranya dari Lanud Wiriadinata yang akan diwakili oleh Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan, yang kedua dari KPUD dan terakhir dari Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya. (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA