Rabu, 21 Februari 2024 19:30 WIB

Milad SMPN 2 Singaparna Menampilkan Kreasi Seni Budaya Tiap Daerah.

Minggu, 19 Maret 2023 08:56:24

Oleh: Redaksi | 525 view

Tribuana News. Singaparna - Dalam rangka Milad yang ke-XVI SMPN 2 Singaparna menggelar bebagai kegiatan, diantaranya Gelar Budaya karya peserta didik, serta Expo SMA, SMK, MA Tahun Ajaran 2022-2023 bertempat di Lapangan Sekolah  SMPN 2 Singaparna, Kamis (16/03/2023). 

kegiatan tersebut digelar selama dua hari dimulai tanggal 15 sampai 16 Maret 2023.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat  Singaparna, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, serta Alumni SMPN 2 Singaparna dan tamu undangan lainnya

Kegiatan tersebut bertujuan guna untuk membangun sinergi bahwa sekolah memberikan fasilitas terhadap kegiatan para siswa yang nanti akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Alhamdulillah hari ini puncak acara dari rangkaian kegiatan Milad SMP Negeri 2 Singaparna yang ke-16. Kemarin digelar Expo SMA, SMK, MA tingkat Kabupaten Tasikmalaya. Puncak acara hari ini diawali dengan Karnaval Gelar Budaya dari Jawa Barat, kemudian Nasional dan Mancanegara. Ini adalah bagian dari implementasi tentunya nanti kita menyambut Kurikulum Merdeka, dengan implementasi Profil Belajar Pancasila. Diharapkan siswa dapat mengenal Budaya lokal,  Budaya Nasional dan Budaya Internasional. Dengan tetap bahwa komitmen Bangsa kita, yaitu Bangsa Negara Indonesia," kata Edi Herdiana,  SH.,S.Pd.,M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Singaparna kepada Tribuana News usai kegiatan, Kamis (16/03/2023).

Lebig lanjut Edi menambahkan  tetap membangun sinergi antara budaya lokal,  Nasional dan Internasional ini adalah bagian yang harus  dilestarikan sehingga peserta didik kelas VII,VII,IX mengenal budaya- budaya tetapi tetap budaya lokal menjadi bagian tersendiri yang harus benar dilestarikan dan dikembangkan. Tapi tidak menutup budaya lainnya dari proses pembelajaran dengan adanya pelajaran PAI , PKN , IPS dan lain-lain sehingga ini akan terus memberikan wawasan bagi para peserta didik .

"Dengan Milad SMP Negeri 2 ke-16 ini diharapkan terus maju berkembang dan tentunya bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Tasikmalaya," ungkapnya.

Di tempat yang sama Camat Singaparna Yana Suryana S.IP menyampaikan ucapan selamat Milad kepada SMP Negeri 2 Singaparna, dan berharap di usia yang ke-16 ini lebih dewasa, dan memberikan kontribusi dalam pendidikan terhadap peserta-peserta didiknya dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

"Alhamdulillah SMP Negeri 2 Singaparna telah melakukan itu, selanjutnya rangkaian dengan kegiatan gelar seni budaya yang pertama memang memberikan edukasi kepada anak-anak, hal ini  untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, karena hari ini gelar seni budaya hampir tergerus. Maka melalui kegiatan ini mudah-mudahan dapat mengikatkan kesatuan kerukunan antar sesama peserta didik di SMP Negeri 2 Singaparna ini sehingga NKRI itu benar benar harga mati bagi mereka," ujar Camat .

Ditempat terpisah Ferlita salah satu siswa kelas VIII menyampaikan rasa senangnya dengan diadakannya kegiatan seperti ini.

"Kami sangat senang tentunya untuk bisa memamerkan seni budaya masing-masing, dan juga kreasi makanan, seperti Kelas VIII D menampilkan makanan dari Yogyakarta diantaranya Lanting , Gudeg , Bakpia pathok. Saya harap kegiatan seperti ini bisa diadakan setiap tahun di sekolah," pungkasnya. (Aris)

Komentar Anda

BACA JUGA