Selasa, 07 Februari 2023 09:37 WIB

Milangkala ke-8 Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Momentum Membangun Budaya Meneliti, Mengabdi, dan Publi

Jumat, 21 Oktober 2022 20:15:32

Oleh: Redaksi | 127 view

Tribuana News. Tasikamalaya - Pagelaran Wayang Golek yang menampilkan Dalang Adhi Konthea Kosasih Sunarya di Halaman Kampus Universitas Perjuangan, tepatnya di Desa Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Senin (17/10/2022) menjadi penutup rangkaian Milangkala ke-8 Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Selain dihadiri oleh seluruh civitas akademi Unper, nampak juga hadir tamu undangan dari Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Muspika Kecamatan Tawang, Kepada Desa Kahirupan, Tokoh Masyarakat, dan warga setempat.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Perjuangan Tasikmalaya Prof. Yus Darusman menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut andil dalam membesarkan Universitas Perjuangan Tasikmalaya.
Dalam hal ini kerjasama dengan semua pihak mutlak diperlukan. Menurutnya setiap individu tidak boleh ada yang merasa paling berjasa. Komunitas dan menjaga silaturahmi secara terus menerus akan menjadi energi untuk saling mengisi kekurangan. Dan dalam hal ini Yayasan Universitas Siliwangi yang menaungi Universitas Perjuangan terus berupaya berbenah dengan menyiapkan sarana prasarana pendidikan.

"Yayasan ini didirikan oleh para sesepuh Pejuang Siliwangi yang turut membela dan terlibat langsung dalam jatuh bangunnya bangsa dan negara Republik Indonesia," ungkapnya.

Yus menambahkan pewaris nilai juang dan budaya yang dimiliki Unper harus diwariskan kepada Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Karena meskipun jaman sudah berubah tapi nilai-nilai tersebut menentukan arah kejiwaan atau pikiran mereka, jika suatu saat generasi muda tersebut dibutuhkan oleh bangsa ini.
Sesuai dengan visinya menjadi Lembaga peneliti dan pengabdian kepada masyarakat, berkarakter kejuangan yang unggul dalam pengembangan UMKM berbasis IPTEKS dan kearifan lokal pada tahun 2035.
Selain itu beberapa misi diaplikasikan dengan membangun budaya meneliti, mengabdi, dan publikasi bagi civitas akademi.

"Diharapkan civitas akademi bisa menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk memacu pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang menunjang pengembangan karakter kejungan, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat, serta pembentukan UMKM," tegasnya.

Yus juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Dosen, Mahasiswa, dan sekaligus Lembaga Unper termasuk Tenaga Kependidikan yang bekerja ekstra keras dalam mengejar prestasi.

"Kita patut berbangga bahwa di usianya yang baru menginjak 8 tahun, Unper sudah banyak mengukir prestasi yang menggembirakan mulai di tingkat regional maupun tingkat Nasional," ujarnya.

Banyak karya dan prestasi yang telah diraih, termasuk mereakreditasi beberapa program studi dan akreditasi institusi, serta pembenahan secara berkelanjutan sesuai dengan Tri Dharma Pendidikan Tinggi. (Redaksi) 

Komentar Anda

BACA JUGA