Selasa, 23 April 2024 01:13 WIB

Ngobrol Santai Bersama Dadan Rustian Pegawai Fungsional Perumahan Kawasan Pemukiman (DPUPTRLH ) Kabupaten Tasikmalaya

Kamis, 21 Maret 2024 16:16:24

Oleh: Redaksi | 42 view

Tribuana News Singaparna

Dadan Rustian mengatakan bahwa, Jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan tugas khusus sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya. Jumlah tenaga fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan, beban kerja serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengertiannya jabatan ini merupakan jenis jabatan yang tidak tercantum dalam struktur organisasi tapi memiliki peran krusial karena bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tugas penting di organisasi tersebut.

Terjadi juga diartikan sebagai serangkaian tugas yang berkaitan dengan keahlian dan keterampilan tertentu.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jabatan memiliki arti pekerjaan/tugas dalam pemerintahan atau organisasi. Jabatan sendiri terbagi menjadi dua yaitu jabatan fungsional dan struktural.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, baik struktural dan fungsional termasuk dalam jabatan karier. Kedua jabatan ini hanya bisa diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi syarat.

Selain itu Jabatan fungsional memiliki klasifikasi profesional dengan pelaksanaan tugas dan fungsi yang mewajibkan tiap individu memiliki pengetahuan dan teknologi sesuai dengan keahliannya.

Penjelasan lain menambahkan bahwa terdapat banyak keuntungan dari kedudukan jabatan fungsional meliputi kesempatan naik pangkat lebih cepat, tunjangan jabatan dengan besaran sesuai Perpres dan lebih besar dibanding jabatan pelaksana, kelas jabatan lebih tinggi, dan tetap membuka kesempatan berkarier menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi.

Oleh karena itu sebagai pegawai yang mempunyai peran penting di dinas DPUPTRLH, bidang perumahan kawasan pemukiman (PKP), dalam tupoksinya, Dadan Rustian yang kini menjabat Jabatan Fungsional (Jafung), sebelum memulai pekerjaan yang akan dilakukan bersama rekan staf fungsional lainnya, setiap pagi memberikan arahan dan saling menerima masukan, arahan, pendapat agar tujuan secara Tim selalu Solid.

Iwan Singadinata

Komentar Anda

BACA JUGA