Selasa, 07 Februari 2023 07:52 WIB

Pangandaran Meraih 2 Penghargaan BKN Award 2021

Jumat, 22 Oktober 2021 06:52:05

Oleh: Redaksi | 168 view

 

Tribuananews - Pangandaran

Kabupaten Pangandaran meraih 2 penghargaan BKN Award 2021 dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI), penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kanreg III BKN Bandung, Tauchid Djatmiko, yang diterima langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, bertempat di Pendopo Kantor Bupati Pangandaran. Selasa, (19/10/2021).

Hadir pula pada kesempatan ini Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Sekda Kab. Pangandaran Drs. H. Kusdiana MM dan Kepala BKPSDM Dani Hamdani.

Usai penyerahan penghargaan KaKanreg III BKN bandung menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan atas kinerja dalam penyelenggaran pemerintahan.

“ BKN award 2021 merupakan salah satu penghargaan atas kinerja yang dilakukan setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, terhadap penyelenggaraan managemen aparatur sipil negara,” ungkapnya. 

Lanjut katanya, ada beberapa kategori penilaian yang harus dilalui sampai suatu kabupaten itu mendapat pengharagaan BKN Award 2021.

“Ada beberapa kategori penilaiannya yang dilakukan BKN yaitu mulai awal penyusunan kebutuhan pegawai sampai dengan pemberhentian atau proses pensiun pegawai, penilaian dilaksanakan secara Nasional dan bertahap, penilaian mulai dilaksanakan oleh team penilai Kantor Regional III BKN Bandung Wilayah Jabar Banten,  lalu hasil nominasi dikirimkan ke pusat, untuk kembali dilakukan penilaian oleh tim pusat baik dokumen ataupun pelayanan, ini dipertandingkan secara nasional,” ucapnya.

Untuk Kabupaten Pangandaran mendapat 2 penghargaan dari beberapa kategori yang diikuti

“Alhamdulilah Kabupaten Pangandaran mendapatkan penghargaan tingkat nasional kategori Penilaian Kompetensi peringkat ke-3 dan kategori Penguatan Pengawasan Pengendalian Penyelenggaraan Managemen Aparatur Sipil Negara peringkat ke-2,” ucapnya.

Iapun berharap adanya penghargaan ini menjadi reward dari BKN kepada Kabupaten Pangandaran atas kinerjanya, yang kedua sebagai motivasi pada BKPSDM untuk lebih meningkatkan kinerjanya kembali, dan memberikan suport pada Kabupaten/Kota lain di Indonesia, bagaimana kiat-kiat Pemerintah Kabupaten Pangandaran bisa mendapatkan 2 kategori ini.

Acuan kalau pengawasan pengadilan tentu ketaatan disiplin bahwa Kabupaten Pangandaran melaksanakan SOP yang ada ketentuan yang ada terkait dengan penyelenggaran manajemen aparatur sipil negara.

Untuk penilaian kompetensi Kabupaten Pangandaran telah mulai mengarah ketahapan tahapan talent cooling (manajemen cooling) setiap pegawai itu secara bertahap sudah mulai di nilai kompetensinya, sehingga pada saat penempatan pegawai atau promosi atau mutasi jabatan itu bisa menggunakan hasil kompetensi itu, sehingga akan lebih tepat sasaran sesuai dengan tuntutan kompetensi jabatan tersebut.

Sementara Bupati Pangandaran menyampaikan bahwa ASN merupakan sebagai pelayan masyarakat, maka diharapkan setiap ASN untuk bekerja profesional.

 “Selalu saya sampaikan, kita ini bekerja standarnya adalah bekerja untuk kepentingan masyarakat, melayani masyarakat, bekerja dengan profesional, bekerja dengan baik. Sebagai kabupaten baru 9 tahun, Bupatinya baru semua baru satu pencapaian yang bagus, kita tak ngomong juara juara, kita tau diri, kita baru 9 tahun, kita bekerja ajah kalau bekerja dengan hati bersungguh-sungguh ini salah satu ukuran diakui tingkat nasional,” ucapnya.

Iapun berterimakasih kepada seluruh jajartan ASN Kabupaten Pangandaran dan penghargaan ini dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.
“Saya kira jadi motivasi kita terima kasih pada teman-teman sudah bekerja dengan baik,” ujarnya. (Herman/Prokopim)

Komentar Anda

BACA JUGA