Minggu, 25 Februari 2024 08:38 WIB

Pelaksanaan OSN-K di Titik 11 berjalan lancar"Berprestasi Membangun Kolaborasi

Rabu, 10 Mei 2023 11:54:04

Oleh: Redaksi | 97 view

TribuanaNews - Garut

Peserta didik di tingkat Sekolah Dasar yang berada di wilayah kec Selaawi, Limbangan. Kersamanah dan Kec Malangbong Kab Garut  mengikuti pelaksanaan Olimpiade Sains Sekolah Dasar  tingkat Kabupaten  (OSN-K) Tahun  2023,untuk Pelaksanan di titik 11,di pusatkan di SDN Selaawi I Kec Selawi yang di laksanakan selama dua hari (8 - 9 April 2023)

Ketua pelaksana Titik 11,
Ade Fathurohim Spd,MPd,. Selasa,(9 April 2023) mengatakan Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi.

Lanjut Ade kegiatan OSN-SD tahun ini dilaksanakan terpusat di SDN Selaawi 1 kec Selaawi dengan  peserta didik dari wilayah kec Selaawi, Limbangan, Kersamanah dan Kec Malangbong

Dia menuturkan, pada pelaksanaan lomba tersebut semua peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN yang telah disediakan pusat di perangkat android masing-masing.

Seleksi  ini nantinya akan memilih  peserta terbaik Kemudian peserta yang lolos untuk setiap bidang lomba akan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan surat keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Ketua pelaksana Titik 11,
Ade Fathurohim Spd,MPd didampingi Ketua PGRI Kec Selaawi selaku wakil sekretaris Pelaksana Asep Hidayat Spd.Mpd.MCE menyampaikan bahwa
Pelaksanaan OSN-SD tingkat Titik 11 ini, secara umum berjalan lancar. Hanya ada sedikit kendala di awal pelaksanaan yakni ada  beberapa peserta tidak bisa login ke aplikasi OSN karena kendala jaringan.

Lanjut Asep Hidayat,Namun hal tersebut dapat segera diatasi oleh panitia sehingga semua peserta bisa mengerjakan soal dengan lancar sampai waktu yang ditentukan.

Ditambahkan Penanggung Jawab Pelaksana Etis Sutisna ( Korwil kec Selaawi-red), bahwa dengan adanya kegiatan OSN-SD tentunya merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran matematika dan IPA di jenjang SD/sederajat.

"Sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN-SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif," 

OSN 
diselengarakan secara daring. Antuasiasme peserta sangat tinggi, 
OSN 
telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang 
selalu berusaha
 mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka 
akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Disamping itu dengan pedoman ini, guru, kepala sekolah/pengawas, 
pemerintah daerah dan orang tua dapat ikut membimbingan mendorong peserta didik untuk berprestasi ucap Entis. (Wahyu/BHW)

Komentar Anda

BACA JUGA