Minggu, 14 Juli 2024 00:15 WIB

Pelaksanaan Salat IdulAdha 1445 H/2024M Tingkat Kabupaten Ciamis

Selasa, 18 Juni 2024 19:25:06

Oleh: Redaksi | 58 view

Tribuana News Ciamis

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna bersama ribuan jemaah melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah / 2024 Masehi bertempat di Halaman Masjid Agung Ciamis pada Senin (17/06/2024).

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini, Dr. KH. Iip Taufik El Haque, M.H., bertindak sebagai khatib, sementara Imam Shalat Ust. Irfan Fajaruddin S.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, dalam sambutannya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha kepada seluruh umat Muslim. “Idul Adha adalah waktu untuk merenungkan sikap istiqomah, pasrah, dan ikhlas, seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail, dalam berqurban dan berbakti kepada Allah SWT,” ujarnya dengan penuh kehangatan.

Beliau juga menekankan pentingnya ibadah qurban sebagai sarana untuk mencapai ketakwaan dan menundukkan segala sifat buruk dalam diri.

“Kemampuan untuk mengendalikan hawa nafsu adalah cermin dari sikap pengorbanan, yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Ciamis mengajak masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis untuk menjadikan momentum Idul Adha sebagai panggilan untuk memperdalam nilai-nilai tolong-menolong, gotong royong, dan kepedulian sosial.

“Terjalinnya keharmonisan dalam amaliah beragama akan memperkokoh ikatan kekeluargaan dan persaudaraan di tengah-tengah masyarakat,” katanya dengan semangat.

Selain itu, beliau menyampaikan harapannya bahwa perayaan Idul Adha tahun ini, yang juga bertepatan dengan hari jadi ke-382 Kabupaten Ciamis, akan membawa keberkahan, keunggulan, dan kesejahteraan bagi seluruh warga.

“Kita berikhtiar, tawakal, dan bersabar menghadapi segala ujian dan cobaan, dengan penuh optimisme dan kekuatan lahir dan batin,” tutupnya dengan doa.

Dalam akhir sambutannya, atas nama pemerintah daerah, pribadi, dan keluarga, Pj Bupati Ciamis kembali mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 M serta selamat hari jadi ke-382 Kabupaten Ciamis.”

Beliau juga mendoakan agar saudara-saudara yang sedang melaksanakan ibadah haji tetap sehat, kuat, dan menjadi haji dan hajjah yang diterima amal ibadahnya.

Perayaan Idul Adha di Ciamis tahun ini tidak hanya menjadi ajang ibadah semata, tetapi juga momentum untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan kemanusiaan dalam masyarakat.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA