Minggu, 14 Juli 2024 00:46 WIB

Pelantikan Pengurus SOIna Garut 2024 - 2028: Dorong Kemajuan Olahraga Disabilitas

Minggu, 16 Juni 2024 18:47:09

Oleh: Redaksi | 55 view

Tribuana News Garut

Pelantikan Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Kabupaten Garut masa bakti 2024-2028 telah digelar di Aleyra Hotel & Villa, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Sabtu (15/6/2024).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, menyampaikan rasa syukur atas pelantikan ini dan berharap SOIna Kabupaten Garut dapat semakin maju, berprestasi, dan mampu mengembangkan olahraga disabilitas di Kabupaten Garut.

Ade Hendarsyah menekankan pentingnya peran pemerintah dalam memfasilitasi kemajuan organisasi olahraga, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

"Alhamdulillah di Garut juga sudah ada Perda Keolahragaan, menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi kemajuan organisasi olahraga, terutama induk-induk organisasi keolahragaan, salah satu di antaranya adalah SOIna," ujarnya.

Sementara itu, Ketua SOIna Provinsi Jawa Barat, Abdul Karim, mengatakan, bahwa setiap kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah melaksanakan musyawarah segera melaksanakan pelantikan pengurus SOIna di daerah tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa Pekan Special Olympic Daerah (PeSOda) di Jawa Barat akan menjadi ajang seleksi bagi para atlet yang akan bertanding di tingkat nasional. Abdul Karim berharap pelaksanaan PeSOda bisa dilaksanakan tahun ini, namun jika tidak memungkinkan, paling lambat awal tahun 2025.

"Idealnya dilaksanakan, kalaupun tidak bisa paling 2025 ya, tapi harus di awal. Kan namanya membuat tim itu kan harus ada pelatihan-pelatihan daerah lainnya. Kita sih berharap tahun ini bisa," ucapnya.

Melalui kepengurusan SOIna Kabupaten Garut yang kedua ini, ia berharap Pengurus SOIna Kabupaten Garut dapat meningkatkan lagi apa yang telah dilakukan di tahun sebelumnya menjadi lebih baik lagi.

"Dan tadi yang saya sampaikan kalau tahun kepengurusan kemarin baru 10 langkah ya tahun ini harus 100 langkah, kan artinya harus ada peningkatan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua SOIna Kabupaten Garut, Tati Narwati, menyatakan, tujuan organisasi adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak dengan disabilitas intelektual untuk menjadi produktif dan dihargai oleh masyarakat.

SOIna Kabupaten Garut telah melaksanakan program Pekan Special Olympic Kabupaten (PeSOKab) selama dua tahun berturut-turut pada 2022 dan 2023, dan banyak atlet dari Kabupaten Garut telah berprestasi di tingkat kabupaten, nasional, dan internasional.

"Kami mengadakan kompetisi sepanjang tahun, Garut diagendakan tiap tahun mengadakan PeSOKab, dan tahun 2024 ini akan mengadakan PeSOda," jelas Tati.

Ia juga mengapresiasi perhatian pemerintah daerah yang memungkinkan SOIna Kabupaten Garut menjalankan program-programnya, termasuk program non-olahraga seperti family support dan kepemimpinan untuk anak-anak disabilitas.

"Di antaranya adalah family support, kepemimpinan untuk anak-anak disabilitas, dan program seni," tandas Tati.

Sumber : Diskominfo Kab. Garut

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA