Sabtu, 13 Juli 2024 22:34 WIB

Peletakan Batu Pertama Kantor BPS Ciamis, Pj Bupati Dorong Peningkatan Pelayanan dan Efisiensi Data

Kamis, 13 Juni 2024 13:33:49

Oleh: Redaksi | 39 view

Tribuana News Ciamis

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, mengambil langkah penting dalam upaya meningkatkan infrastruktur pelayanan publik di Kabupaten Ciamis dengan meletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung baru Kantor Badan Pusat Statistik (BPS), (13/06/2024).

Gedung baru kantor BPS Kabupaten Ciamis sendiri berlokasi di Jalan Siliwangi Kelurahan Maleber, Kabupaten Ciamis.

Acara bersejarah ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, unsur Forkopimda Ciamis, Kepala OPD terkait, serta para Kepala BPS dari kabupaten kota tetangga.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Engkus Sutisna menyampaikan keyakinannya bahwa infrastruktur yang baik memainkan peran krusial dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Dengan gedung kantor yang lebih modern dan nyaman, diharapkan akan tercipta lingkungan kerja yang mempengaruhi positif kinerja pegawai, serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan dan penyajian data yang akurat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kepala BPS RI yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung BPS Ciamis yang lebih representatif ini,” ujar Pj Bupati.

Menurutnya, pembangunan kantor BPS ini merupakan langkah yang tepat mengingat kondisi gedung lama yang kurang memadai, dengan luas yang terbatas.

Peran strategis BPS dalam penyusunan perencanaan dari tingkat pusat hingga daerah turut ditekankan oleh Pj Bupati, yang menggarisbawahi pentingnya data yang valid dalam mendukung kebijakan pembangunan yang tepat sasaran.

“Dengan gedung baru ini, kami berharap proses komunikasi dan koordinasi antarinstansi pemerintah dapat berjalan lebih efisien, sehingga data yang disajikan dapat lebih akurat dan tepat waktu,” tambahnya.

Pj Bupati juga menyoroti peran BPS sebagai mitra penting dalam menyediakan data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, yang menjadi landasan bagi alokasi anggaran dan pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Ciamis.

“Saat ini, integrasi data antarinstansi menjadi semakin penting. Kami berharap dengan program satu data Indonesia kedepannya, ketepatan data bisa semakin terjamin,” tutup Pj Bupati.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Jawa Barat Marsudijono mengatakan kehadiran kantor BPS di Kabupaten Kota sejatinya intuk lebih mendekatkan dengan pemerintah daerah, intansi pemerintah maupun dengan masyarakat.

Marsudijono berharap dengan gedung yang baru ini dapat lebih menggairahkan kegiatan statistik khusus di Kabupaten Ciamis. Pembangunannya sendiri ditargetkan rampung dan dapat diresmikan pada bulan oktober mendatang.

“Kami berharap dengan gedung baru ini nantinya rekan-rekan di Kabupaten Ciamis dapat turut serta memberikan kontribusinya khususnya menyampaikan data data masyarakat Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA