Minggu, 23 Juni 2024 02:50 WIB

Peluncuran Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Banjar Tahun 2024

Senin, 03 Juni 2024 15:53:59

Oleh: Redaksi | 31 view

Tribuana News Banjar

Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, A. P., S. Sos., M. Si., menghadiri kegiatan Peluncuran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar tahun 2024, bertempat di Alun-alun Langensari Kecamatan Langensari. Minggu malam (02/06/2024).

Kegiatan yang digelar oleh KPU Kota Banjar ini mengusung tema “Wahana Ekspresi Budaya Demokrasi”, yang dihadiri oleh Kepala Divisi Hukum KPU Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Banjar, Komandan Kodim 0613/Ciamis, Kapolres Banjar, Ketua KPU Kota Banjar, Ketua Bawaslu Kota Banjar, para Kepala Perangkat Daerah, Ketua DWP Kota Banjar, serta Ketua Partai Politik se-Kota Banjar.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching jingle Pilkada Kota Banjar serta peluncuran maskot Pila dan Piya. Pila dan Piya merupakan Maskot Pilkada Kota Banjar yang diambil dari fauna Kota Banjar Banjar yaitu Ikan Bebeong. Pila sendiri berarti Pemilihan Langsung, yang bermakna Pilkada nanti akan dipilih langsung oleh rakyat, secara umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Maskot kedua bernama Piya yang diambil dari Pilihan Rakyat. Nama tersebut bermakna Pilkada nanti akan dipilih langsung oleh rakyat, secara umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, dan siapapun yang terpilih, diharapkan masyarakat Kota Banjar tetap bersatu demi Kota Banjar terus menjadi lebih baik.

Ketua KPU Kota Banjar dalam laporannya mengatakan bahwa Peluncuran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar Tahun 2024 merupakan salah satu misi sosialisasi pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. “KPU Kota Banjar telah menetapkan tema yang diusung, yaitu wahana ekspresi budaya demokrasi, yang bermakna Pemilu sebagai bentuk ekspresi masyatakat Kota Banjar berbudaya local, silih asah, silih asuh. silih asih,” ujarnya.

Sementara Itu, Sekretaris Daerah mewakili Pj. Wali Kota Banjar menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini. Sekretaris Daerah berharap kegiatan ini bermanfaat untuk membantu Pemerintah dan Penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah, guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi masyarakat menggunakan hak suara dalam Pilkada mendatang. “Apresiasi tinggi saya sampaikan kepada KPU Kota Banjar yang telah menggagas kegiatan ini, tentunya agar terbangun kesadaran yang lebih luas dari masyarakat kita untuk terlibat aktif serta berpartisipasi dengan menggunakan hak pilih mereka untuk memilih pemimpin terbaik Kota Banjar lima tahun ke depan,” jelas Sekretaris Daerah.

Sekretaris Daerah juga mengatakan bahwa tahapan Pilkada Serentak yang akan memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar secara resmi akan dimulai. Menurutnya, dibutuhkan peran serta semua pihak dalam mentaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. “Pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, mulai dari tahapan persiapan sampai dengan penyelenggaraan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Tentu ini menjadi sebuah cerminan demokrasi di Kota Banjar yang sudah sangat baik. Untuk itu, saya mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk terus menjalin sinergi, kolaborasi, serta kerja sama yang solid agar pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan dengan langsung, umum, bebas dan rahasia, tertib, jujur dan adil, serta tetap bersatu dalam semangat keberagaman demi Kota Banjar yang lebih sejahtera di masa depan,” pungkas Sekretaris Daerah Kota Banjar.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024