Minggu, 23 Juni 2024 03:00 WIB

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahun Anggaran 2024

Senin, 10 Juni 2024 20:43:04

Oleh: Redaksi | 21 view

Tribuana News Banjar

Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, A.P., S.Sos., M.Si., mewakili Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si. membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahun Anggaran 2024, bertempat di Aula Kelurahan Banjar. Senin (10/06/2024).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Sunarto., S.H., M.Si., melaporkan bahwa, Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar menggelar 7 (tujuh) paket pelatihan MTU, 3 (tiga) paket pelatihan diantaranya dilaksanakan di Kecamatan Banjar yang dibuka hari ini, terdiri dari pelatihan Barista di kelurahan Mekarsari, Pengolahan Ikan untuk disabilitas di Kelurahan Banjar, serta pengolahan tembakau (linting rokok) di Desa Balokang. “Masing-masing program pelatihan diikuti oleh 16 peserta yang digelar selama 15 hari, dengan anggaran berasal dari APBD Kota Banjar dengan berfokus pada inovasi BLK Kota Banjar, yaitu PUSAKA BAKTI (Pelatihan Untuk Satu Desa/Kelurahan Banjar Kompeten Produktif). Kegiatan pelatihan ini menghadirkan instruktur dari ASN dan instruktur outsourcing BLK Kota Banjar,” jelas Kadisnaker.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjar mengucapkan terima kasih dan apresiasiasi atas terlaksananya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi di Kota Banjar. “Pelatihan ini merupakan salahsatu langkah strategis dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan berupah dengan cepat,” ujar Sekretaris Daerah.

Sekretaris Daerah Kota Banjar juga berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi serta keterampilan para peserta yang relevan dengan tuntutan pasar saat ini. “Program pelatihan kerja dan produktivitas para pencari kerja ini terdiri dari program Pengolahan Ikan, barista serta pengolahan tembakau tahun anggaran 2024. Ketiga program ini merupakan bidang yang memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Namun saya juga mengingatkan, kedepan dalam melakukan pemasaran produk, harus disesuaikan dengan lingkungan serta segmen pasar untuk menjaga kontinuitas usaha,” harap Sekretaris Daerah Kota Banjar.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Banjar juga menuturkan bahwa para peserta yang telah mengikuti pelatihan agar dapat disalurkan ke beberapa perusahaan sehingga penempatan kerjanya jelas. “Kedepan jika ada perusahaan baru yang membuka usaha di Kota Banjar, seharusnya para peserta pelatihan menjadi prioritas dalam pemenuhan kebutuhan pegawai sebelum menerima pegawai yang tidak mempunyai sertifikat pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar. Selamat mengikuti pelatihan, semoga setiap peserta mendapatkan hasil yang maksimal sebagai modal untuk mencari kerja,” pungkas Sekretaris Daerah.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan atribut pelatihan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Banjar, Kepala Dinas Ketahana Pangan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar, Camat Banjar, Kepala BLK Kota Banjar, serta Lurah Banjar.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024