Jumat, 19 April 2024 23:54 WIB

Pemdes Tawangbanteng Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasita Masyarakat

Minggu, 19 Maret 2023 08:46:49

Oleh: Redaksi | 305 view

Tribuana News. Sukaratu - Guna meningkatkan kapasitas masyarakat, Pemerintah Desa Tawangbanteng melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) yang bertempat di Kampung Citamperas Desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/03/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari di mulai dari tanggal 17 sampai dengn19 Maret 2023 yang diisi dengan Pelatihan Satlinmas, Relawan Penanggulangan Bencana, edukasi dan keilmuan.

Disela kegiatan Kepala Desa Tawangbanteng Nandang Abdul Azis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Muspika Sukaratu yang telah hadir dalam kegiatan penutupan dan memberikan pembinaan kepada para peserta.

"Juga tidak lupa kepada Kapolsek, saya juga berterimakasih kepada mitra saya Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sudah membantu mendorong mensukseskan kegiatan ini, semoga ini menjadi wasilah untuk memperkokoh silaturahmi kita dalam rangka memajukan Desa Tawangbanteng , memajukan Kecamatan Sukaratu, memajukan Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat dan Negara Kesatuan Republika indonesia," ungkapnya

Nandang menambahkan  Kegiatan Peningkatan kapasitas Masyarakat ini dirangkai juga dengan kegiatan Relawan Penanggulangan Bencana. Kgiatannya mulai hari Jumat dan Sabtu di ruangan dengan materi kegiatannya adalah memberikan edukasi, merubah paradigma, agar semuanya menjadi agen sosial of change .

"Kebetulan untuk PKM dan RPB itu Desa Tawangbanteng saja, namun pada kesempatan hari ini kita akan ada latihan gabungan  Anggota Satlinmas dua desa yaitu Desa Tawangbanteng dan Desa Gunungsari, tadinya kita akan melakukan latihan gabungan 3 Desa dengan  Mekarjaya, tetapi Desa Mekarjaya sedang ada urusan yang harus  diselesaikan di internal Desa jadi karena itu kita akan melakukan Latihan Gabungan Satlinmas dan Latihan Gabungan Relawan Bencana antara Desa Tawangbanteng dan Desa Gunungsari," tuturnya .

Setelah kegiatan ini selesai dilanjutkan akan berangkat long match menuju area wisata Bukit Nangreu Cipanas Gunung Galunggung, dan akan melaksanakan kegiatan outdoor, yang akan diisi dengan berbagai kegiatan yang positif. Dan berharap bahwa hubungan erat silaturahmi harus terjalin lebih kokoh, berdampak positif, nantinya para RW harus mengetahui mereka ini sebagai penyambung lidah program Kepala Desa dan Pemerintah Desa,  mereka harus menjadi pionir di daerah sebagai agen perubahan untuk memahami kondisi baik secara demografis,  geografis, kultural dan lain sebagainya . 

"Kita mendorong supaya bisa menjadi Desa Juara. Intinya bahwa semangat dan pengabdian demi kemajuan Desa Tawangbanteng supaya menjadi Desa yang maju ketika semuanya saling membangun, kehebatan Kepala Desa itu terletak dari Perangkat Desa, para RT, RW serta Kelembagaan Desa dan seluruh masyarakat yang hebat," tegasnya.

Pada kesempatan itu pula Nandang menyampaikan rasa syukur karena putra daerah Desa Tawangbanteng menjadi Juara Pertama di MTQ Tingkat Kabupaten Tasikmalaya yaitu Ust. Hikmat Farid. Harapannya ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk Pemerintah Desa dan untuk memajukan Desa Tawangbanteng menjadi Desa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.

Di tempat yang sama Danramil 1207/Cisayong Kapten Inf. Andri Mulyono mengatakan melalui kegiatan ini bisa bersilaturahmi dengan Kepala Desa Tawangbanteng dalam rangka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM).

"Saya sangat mengapresiasi kepada lembaga atau masyarakat Desa Tawangbanteng yang dalam hal ini bisa mengakomodir kegiatan, karena tidak semua desa melaksanakan kegiatan seperti ini," ujarnya .
(Aris)

Komentar Anda

BACA JUGA