Selasa, 23 April 2024 02:22 WIB

Pemerintah Daerah Dukung Eufo Fest FPISBS IPI Garut sebagai Langkah Pelestarian Budaya

Senin, 04 Maret 2024 18:17:40

Oleh: Redaksi | 50 view

Tribuana News,GARUT

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa, dan Sastra (FPISBS) Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut menggelar Eufo Fest di Kampus IPI Garut, Minggu (3/3/2024). Kegiatan tersebut disambut baik Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya di daerah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Asep Wawan Budiman, berharap, acara ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Karena semakin banyak orang mengenal kegiatan ini, maka akan semakin banyak lagi orang yang akan menghargai nilai-nilai budaya khususnya yang ada di Kabupaten Garut.

"Jadi kan sekarang ini mungkin dengan perkembangan teknologi yang ada terutama bagi anak-anak sekarang orang lebih asyik menggunakan gadget, sehingga melupakan nilai-nilai budaya, atau melupakan kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Garut," ucapnya.

Asep mendorong para mahasiswa untuk terus mengembangkan kegiatan-kegiatan seperti ini, yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Kabupaten Garut.

"Jadi silakan untuk senantiasa berjuang karena dari setiap kegiatan pasti ada hambatan dan tantangan, jangan menyerah," ucapnya.

Ketua BEM FPISBS IPI Garut, Jenal Mutaqin, menekankan bahwa Eufo Fest merupakan upaya mengangkat nilai-nilai kebudayaan. Melalui rangkaian acara seperti penampilan seni dan pemutaran film, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi budaya kepada anak-anak, siswa, dan mahasiswa.

Beberapa rangkaian acara dari kegiatan ini di antaranya yaitu penampilan minat bakat yang meliputi pencak silat, jaipong, puisi Sunda, dan yang lainnya sebagai salah satu bentuk upaya menjaga nilai-nilai kebudayaan.

"Dengan adanya Eufo Fest ini teman-teman dan juga seluruh masyarakat di Kabupaten Garut lebih cinta dan juga lebih bangga menanamkan salah satu budaya terhadap anak-anak untuk nantinya menjadi salah satu penerus di masa depan," ucapnya.

Ia menuturkan, pada kegiatan ini juga diselenggarakan pemutaran film hasil karya anak muda yang mengangkat budaya, baik itu budaya mahasiswa maupun budaya-budaya milik daerah. 

Eufo Fest diharapkan dapat menarik minat siswa untuk melihat IPI Garut sebagai pilihan kampus, Jenal Mutaqin menekankan bahwa kegiatan ini menjadi event besar yang diselenggarakan setahun sekali.

"Kebetulan kami di BEM Fakultas itu baru tiga periode, jadi alhamdulilah untuk periode ketiga ini dari kemarin-kemarin sudah mengadakan event-event yang sangat besar terus," tandasnya.

Wahyu

Komentar Anda

BACA JUGA