Rabu, 21 Februari 2024 19:08 WIB

Pemkot Banjar Raih Penghargaan Anugerah Predikat Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Minggu, 24 Desember 2023 19:26:43

Oleh: Redaksi | 64 view

Tribuana News. Banjar - Pemerintah Kota Banjar meraih Penghargaan Anugerah Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia yang diterima secara langsung oleh Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., pada acara “Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Provinsi Jawa Barat Tahun 2023”, bertempat di Gedung Sate. Jumat (22/12/2023).

Penilaian kepatuhan merupakan bentuk pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI, yang bertujuan untuk mendorong pencegahan maladministrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, penilaian kepatuhan juga menjadi tolok ukur terhadap evaluasi dan penguatan pengawasan internal melalui atasan langsung. Penilaian tersebut juga dilakukan terhadap pejabat dan unit pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar dengan nilai  91,93 (Zona Hijau) termasuk Kategori A (Kualitas Tertinggi).

Pada Tahun 2023, hasil penilaian mengalami peningkatan yang sangat signifikan, karena pada Tahun 2022 Pemerintah Kota Banjar memperoleh nilai 73,73 (Zona Kuning) masuk Kategori C (Kualitas Sedang).

Adapun unit pelayanan yang dinilai adalah:

1. Dinas Kesehatan memperoleh nilai 84,35;
2. Dinas Pendidikan memperoleh nilai 84,71;
3. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu memperoleh nilai 92,79;
4. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memperoleh nilai 94,28;
5. Dinas Sosial,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memperoleh nilai 95,12;
6. Puskesmas Banjar 3 memperoleh nilai 95,73;
7. Puskesmas Pataruman 1 memperoleh nilai 96,51.

Pj. Wali Kota mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih Kota Banjar. Menurutnya, penghargaan ini menjadi sebuah motivasi bagi seluruh ASN Kota Banjar untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat Kota Banjar. 

“Pelayanan publik menjadi bagian prioritas program reformasi kelembagaan birokrasi untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Hasil penelitian ini, menggambarkan potret pelayanan publik di Kota Banjar secara komprehensif dalam meningkatkan mutu pelayanan publik di Kota Banjar,” ujarnya. (Herman/Diskominfo)

Komentar Anda

BACA JUGA