Selasa, 07 Februari 2023 08:40 WIB

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMK Bahrul Huda Mangunreja Berjalan Lancar

Minggu, 08 Januari 2023 07:34:06

Oleh: Redaksi | 140 view

Tribuana News. Mangunreja - Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapai Kepala Sekolah baik kualitas maupun kuantitas, ketepatan waktu kerja dan sebagainya (Permendiknas No. 35/2010).

Tujuan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sejatinya memberikan informasi akurat kepada pihak yang terkait tentang tingkat kinerja kepala sekolah berdasarkan standar kompetensi dan tupoksi sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bahrul Huda yang beralamat di Kmp. Malingping RT.16/RW.03 Desa Salebu Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya, telah melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah pada hari Sabtu (07/01/2023) di ruang pertemuan SMK Bahrul Huda dibawah penilaian tim asesor dari KCD XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Penilaian kinerja ini dilakukan satu kali dalam satu tahun dan kumulatif 4 tahun (masa jabatan). Adapun langkah-langkah penilaian kinerja Kepala Sekolah meliputi: persiapan, pelaksanaan, penilaian, dan perolehan nilai akhir.

Kepala SMK Bahrul Huda Aj. Cecep Paijunnajat, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan tentang pelaksanaan program sekolah yang telah dilaksanakan khususnya di tahun 2022 dan pihaknya berharap tim penilai memberikan bimbingan ke arah yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Sementara itu tim penilai antara lain DR. H. Dendang Sutisna, M.Pd dan H. Endang Abdul Rohayat, M.Pd memberikan tanggapan  serta penjelasan teknis terkait PKKS.

"Harapan kami, SMK Bahrul Huda bisa memahami instrumen proses penilaian pada  agenda PKKS, agar dari hasil PKKS ini dijadikan rekomendasi kepada Yayasan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atas kinerja Kepala Sekolah selama satu tahun," ujarnya.

Kegiatan PKKS ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari asesor PKKS bagi sekolah, terbukti sebelum acara selesai kekurangan-kekurangan beberapa komponen dapat terselesaikan di hari yang sama.
Dan setelah semua proses dilalui dengan penuh suka dan duka, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

PKKS SMK Bahrul Huda melibatkan Guru, Staf, Siswa, Orang tua, dan Dunia Usaha yang sudah bekerja sama dengan sekolah.

Kegiatan PKKS ditutup dengan acara ramah tamah dan foto bersama. (Red.)

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 17 Januari 2023